Pakde Karwo: Jangan Berlakukan Pajak 1% ke Pelaku Usaha Kecil

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mendesak pemerintah pusat untuk menghentikan pemberlakukan pajak satu persen bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Pasalnya, lanjut dia, pemberlakuan pajak penghasilan satu persen untuk UMKM tersebut dirasa sangat memberatkan bagi para pelaku UMKM ini.
"Mungkin bagi pelaku usaha menengah ke atas itu hal yang biasa, tapi bagi usaha kecil sangat memberatkan. Terlebih rumitnya proses pembukuaan bagi mereka," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di Surabaya, Selasa, 5 Mei, seperti diberitakan Rabu (6/5/2015).
Oleh karena itu, untuk membantu pelaku usaha kecil agar tidak dibebankan pajak UMKM satu persen, Pakde Karwo mengaku Pemprov Jatim telah mengeluarkan surat permohonan ke pemerintah pusat.
"Untuk itu, kami sudah kirimkan surat ke pemerintah pusat. Lebih bijak kalau sekarang dinolkan (pajak pelaku usaha kecil), nanti kalau UMKM sudah siap tinggal diterapkan lagi dan persentasenya diatur lagi," katanya.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM), pemerintah memang telah mengeluarkan kebijakan untuk mengenakan pajak sebesar satu persen yang telah diberlakukan sejak 1 Juli 2013 silam.
AHL
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.