Pengamat: Gaji Rp3 Juta Bebas Pajak, Itu Kebijakan Positif!

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Perpajakan Yustinus Prastowo menilai positif mengenai rencana Pemerintah Joko Widodo yang akan menyesuaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari besaran gaji Rp24 juta per tahun menjadi Rp36 juta per tahun. Artinya nanti pegawai dengan gaji Rp3 juta per bulan bakal bebas pajak.

"Saya kira menaikkan PTKP itu positif," kata pria yang akrab disapa Pras kepada Metrotvnews.com, Jumat (29/5/2015).

Dia memandang kebijakan itu tepat di tengah level inflasi yang terkerek naik akibat masih adanya dampak kenaikan BBM yang dilakukan pemerintah. Dengan tingkat inflasi yang tinggi, tentunya membuat daya beli masyarakat berkurang karena harga-harga barang kebutuhan pun ikut melonjak.

"Faktanya inflasi naik, pendapatan rumah tangga secara riil turun daya beli berkurang," ujar dia.

Lebih lanjut, kata Pras, dengan menaikkan PTKP ini menjadi instrumen untuk perlindungan sosial masyarakat sebagai konsumen.

"Sebagai bentuk bentuk dari proteksi rumah tangga dari kenaikan harga. Ini positif, kebijakan kemarin (BBM) menurunkan daya beli," jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, dengan kenaikan batasan PTKP 50 persen, maka akan mendongkrak konsumsi domestik. Pemerintah memang tengah menggenjot konsumsi domestik untuk memacu pertumbuhan ekonomi di luar ekspor yang tengah lesu.
AHL

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.