Peran Perempuan di Sektor Ekonomi Sangat Berarti

indopos.co.id – Usaha mikro dan kecil 70 persen pelakunya adalah perempuan. Maka dari itu peran perempuan di sektor ekonomi sekarang ini cukup berarti. Namun, seringkali kegiatan ekonomi yang dilakukan perempuan lebih bersifat informal sehingga tidak tercatat dalam statistik.

"Jadi sebenarnya peran perempuan di sektor ekonomi sekarang ini cukup berarti. Mereka merupakan penyumbang pajak yang nyata bagi negara," ucap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise saat memberikan piala Penghargaan Anugerah Perempuan Indonesia (API) 2015 di Kantornya, Jakarta, Jumat (29/5).

Yohana menambahkan kebijakan yang telah dilakukan Kementerian PP-PA menyangkut bidang ekonomi dilaksanakan di semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. "Melalui strategi ini diharapkan dapat mendorong akses permodalan dan akses informasi yang lebih merata bagi laki-laki dan perempuan," harap dia.

Menurutnya, ada tiga jenis kemandirian perempuan yang perlu dipahami. Pertama, kemandirian ekonomi yang berarti bahwa perempuan itu harus memiliki kemampuan yang produktif. Kedua, kemandirian intelektual yang berarti perempuan mampu bertindak dengan memanfaatkan intelektualnya sehingga memiliki eksistensi. Ketiga, kemandirian sikap yang berarti perempuan memiliki kemampuan untuk memilih sikap terhadap berbagai persoalan hidup. "Perempuan menjadi partnership yang setara dengan laki-laki untuk menyampaikan pendapat, opsi, maupun solusi," tegas Yohana.

Yohana menilai, kiprah perempuan yang semakin hari semakin berkembang dan patut diberi acungan jempol. Maka pantas jika perempuan-perempuan Indonesia diberikan apresiasi dan penghargaan sesuai dominasinya dalam kepemimpinan tanpa melupakan kewajibannya.

"Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tinggi, kami bekerjasama dengan Economic Review dan Woman Review serta IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha) menyelenggarakan Anugerah Perempuan Indonesia 2015 yang diberikan kepada perempuan pengusaha," kata Yohana.

Selain dalam dunia ekonomi, sambung Yohana, para perempuan penerima anugerah juga adalah mereka yang memiliki daya pengaruh yang besar dalam dunia perdagangan, bisnis, politik, dan pemerintahan.

Seperti diketahui, penilaian dalam Anugerah Perempuan Indonesia 2015 ini didukung oleh para Dewan Juri yang terdiri dari pakar dan praktisi di berbagai institusi, seperti Economic Review, IBM- ASMI Woman Leadership Centre, Katahati Institute, Woman Review, Melani K Harriman & Associates, dan Dwika Consulting, NBO. (fdi)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.