Ratusan Wajib Pajak Hadiri Sosialisasi e-Faktur dan e-Billing di KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua

Sosialisasi E-Billing KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua

Selaras dengan kebijakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang menetapkan tahun 2015 sebagai “Tahun Pembinaan Wajib Pajak”, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua menggelar Sosialisasi e-Faktur dan e-Billing di Aula Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpajakan Kemanggisan, Kamis, 21 Mei 2015.

Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Kepala KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua, Temi Utami, dihadiri lebih dari 250 Wajib Pajak.

e-Faktur adalah salah satu hasil transformasi DJP dalam memperkuat basis IT dan mempermudah Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan khususnya Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Terhitung mulai 1 Juli 2015, seluruh Pengusaha Kena Pajak (PKP) di Pulau Jawa dan Bali wajib menggunakan aplikasi e-Faktur, sehingga KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua gencar melakukan sosialisasi untuk memastikan bahwa seluruh PKP telah mendapatkan informasi yang memadai.

Materi e-Faktur disampaikan oleh Sodikin, Account Representative dari Seksi Pengawasan Dan Konsultasi II. Sodikin menekankan agar PKP segera mengajukan permintaan sertifikat elektronik ke KPP sebagai salah satu syarat untuk dapat menggunakan aplikasi e-Faktur.

Menindaklanjuti banyaknya keluhan Wajib Pajak tentang sulitnya membayar pajak diantaranya karena harus antri di teller bank/pos pada kurun waktu yang terbatas dan sering terjadinya offline sistem bank dengan sistem Monitoring Penerimaan Negara (MPN) serta  pemborosan kertas, dalam kesempatan ini juga disampaikan sosialisasi tentang e-Billing.

Dalam kesempatan ini, Gede Yuana Bundariawan, Account Representative dari Seksi Pengawasan Dan Konsultasi III didaulat untuk menyampaikan materi e-Billing. Gede menerangkan tata cara pembayaran pajak yang dapat dilakukan melalui Teller Bank/Pos, ATM dan internet banking menggunakan “Kode Billing”.

e-Billing memungkinkan Surat Setoran Pajak (SSP) direkam secara elektronik, bahkan dari meja kerja atau rumah sekalipun.

Dalam kesempatan ini, Temi mengajak Wajib Pajak untuk memanfaatkan fasilitas e-Billing karena terbukti hemat waktu, hemat biaya dan transaksi pembayaran pajak tercatat secara real time.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.