Target Pajak Hotel Naik 40 Persen

indopos.co.id – Target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hotel di Kota Bekasi naik menjadi 40 persen di tahun 2015. Akibatnya, perolehan pajak itu wajib mencapai Rp140 miliar khusus untuk peraihan pajak retribusi hotel tersebut. "Pajak hotel di tahun sekarang mengalami kenaikan cukup besar, yakni 40 persen, atau menjadi Rp 140 miliar," kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Bekasi, Aan Suhanda, kemarin.

Aan menambahkan, minimal dalam pencapaian PAD pihaknya mampu meraih Rp 100 miliar. Dengan begitu, pihaknya optimis, kalau peraihan pajak hotel bisa tercapai pada tahun ini. "Kami optimis dalam mengejar target tahun ini," tambahnya. Bahkan, kata Aan, kenaikan pajak hotel ini sudah berdasarkan perhitungan.

Seperti diantaranya kehadiran sejumlah hotel baru yang mulai beroperasi tahun ini. "Bangunan hotel yang berdiri sekarang rata-rata berbintang," imbuhnya. Misalkan, di Kota Bekasi sudah terbangun Harris Hotel and Conventions, Amaroossa Grande dan Hotel Aston. Ketiganya menggenapi jumlah hotel di Kota Bekasi menjadi 35 bangunan. "Rata-rata berdirinya hotel di tahun 2015, dan sekarang mereka sudah dikenakan wajib pajak," ujarnya.

Sejauh ini, pertumbuhan hotel dan restauran cukup pesat. Alhasil, target wajib pajak dari seluruh sektor mencapai Rp 3.5 triliun. Aan menambahkan, wajib pajak itu bukan hanya untuk hotel saja, melainkan beberapa tempat makan seperti restaurant. Menurut Aan, pertumbuhan restauran juga menjadi target sasaran peraihan PAD yang cukup besar. Karena, tahun ini saja sudah ada 1.087 restauran yang beroperasi.

Hampir kebanyakan restauran ini tumbuh diantara pusat perbelanjaan dan di pusat kota. "Sekarang ini sudah banyak sekali restauran, sehingga tingkat wajib pajak juga tinggi, " imbuhnya. Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendapatan Kota Be ka si, Udi Subiadi mengatakan, untuk target pencapaian pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2015, ada beberapa sektor wajib pajak yang sangat berpotensi mendongkrak pendapatan. "Salah satunya, wajib pajak hotel, dan restaurant yang sekarang berpotensi," katanya.

Pages: 1 2

Iklan Bawah 336×280

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.