UKM Binaan Kanwil DJP Jawa Tengah II Siap Ajak Wajib Pajak Untuk Taat dan Patuh Pajak

Bertempat di Aula Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II dilaksanakan sosialisasi perpajakan dan bimbingan teknis pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi oleh Tim Penyuluh Kanwil DJP Jawa Tengah II, Rabu, 25/4/2015. Sosialisasi tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan Asosiasi UMKM binaan Kanwil DJP jateng II (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Wilayah Soloraya.

Acara tersebut dimulai pukul 19.00 WIB dengan ramah tamah dan makan malam bersama peserta sosialisasi. Dimulai dengan sambutan dari Kepala Bidang P2Humas, Basuki Rakhmad, yang menyampaikan apresiasi kepada peserta sosialisasi atas kehadiran dalam acara tersebut.

Terhadap para peserta sosialisasi disampaikan bahwa para pelaku UMKM merupakan segmen pelaku usaha yang terbesar sebagai penggerak perekonomian. Dengan tema “Bayar Pajak Itu Hebat” sosialisasi dipandu oleh Samhudi, salah satu Tim Penyuluh Kanwil DJP Jawa Tengah II.

Dalam sosilaisasi tersebut disampaikan mengenai definisi pajak, manfaat pajak, dan peran pajak dalam kehidupan bernegara. Hal tersebut perlu disampaikan karena belum semua peserta sosialisasi terdaftar sebagai Wajib Pajak dan belum memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Untuk selanjutnya disampaikan mengenai hak dan kewajiban Wajib Pajak secara umum yaitu mengenai mekanisme daftar, bayar dan lapor. Dalam sosialisasi tersebut juga diberikan bimbingan teknis mengenai pendaftaran NPWP, berupa pengisian formulir pendaftaran NPWP serta syarat-syarat pendaftarannya. Dalam acara tersebut juga disampaikan cara menghitung pajak, cara pembayaran, dan cara pelaporan pajak hingga bimbingan teknis pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi Non Karyawan. 

Kegiatan sosialisasi yang berakhir pukul 21.00 WIB tersebut diharapkan dapat menggugah kesadaran para peserta sosialisasi hak dan kewajiban perpajakannya. Dan bagi peserta sosialisasi yang telah terdaftar sebagai Wajib Pajak dapat mengetahui bagaimana cara perhitungan dan pelaporan pajaknya.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.