Banding Ditolak, Kasus Dugaan Penggelapan Pajak Messi Berlanjut

Barcelona - Banding yang diajukan Lionel Messi dan ayahnya, Jorge Horacio Messi, ditolak pengadilan Spanyol. Keduanya kini tinggal selangkah lagi diajukan ke meja hijau atas dugaan penggelapan pajak.

Pengadilan Spanyol mengumumkan kepada publik pada Rabu (10/6/2015) waktu setempat penolakan mereka terhadap banding yang diajukan pengacara Messi. Pengadilan Tinggi di Kota Barcelona mengatakan memiliki bukti kalau Messi - entah mengetahui atau tidak - mendapat keuntungan sebesar 4,1 juta euro dari jaringan perusahaan yang dibuat demi menghindari pajak di Spanyol antara tahun 2007 sampai 2009.

Jorge Horacio Messi dituding menjual image rights Messi menggunakan sebuah perusahaan yang berbasis di Uruguay, Belize, Swiss dan Inggris demi menghindari memberi laporan keuangan di Spanyol. Kontrak-kontrak tersebut termasuk bersama perusahaan besar seperti Banco Sabadell, Danone, Adidas, Pepsi-Cola, serta sebuah perusahaan makanan asal Kuwait.

Modus seperti itu diyakini sudah digunakan Jorge Horacio saat Messi masih sangat muda. Hingga kini Messi dan Horacio membanta semua sangkaan yang mengarah ke mereka.

Messi melalui pengacaranya pernah menyatakan 'tidak pernah sedikitpun dalam hidupnya membaca, mempelajari atau menganalisa' kontrak yang dipunya. Namun pihak pengadilan menyatakan kalau Messi tidak akan dibebaskan dari tuntutan meski dia tidak tahu soal kondisi keuangan dan pajak yang dibayarkan.

Dikutip dari ESPNFC, jika dinyatakan bersalah keduanya bisa dijatuhi denda maksimal 21 juta euro dan hukuman penjara satu tahun.

Dalam sebuah hearing yang dilakukan di 2013, Messi sudah menyatakan kalau dia tidak tahu menahu soal detil keuangannya dan menyerahkan semua urusan tersebut pada ayahnya dan penasihat keuangan. Dalam kesempatan yang sama, Jorge Horacio juga melontarkan pernyataan serupa dengan menyatakan kalau seluruh tanggung jawab soal keuangan ada di tangannya.

Setelah itu sempat beredar kabar kalau Messi membayar 5 juta euro pada otoritas, untuk menutupi pajak yang dituduhkan digelapkan padanya dalam periode 2007 sampai 2009, plus bunga. Keduanya juga dilaporkan membayar pajak 10 juta euro untuk tahun 2010 dan 2011.


(din/mfi)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.