Bea Cukai Nunukan Gagalkan Penyelundupan Sabu

NUNUKAN - Kantor Bea Cukai Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 2,4 kilogram dari Malaysia selama 2015.

"Kami berhasil mengamankan 2,4 kilogram narkoba jenis methamphetamine (sabu) yang diselundupkan dari Malaysia selama 2015 ini," sebut Kepala Bea Cukai Kabupaten Nunukan, Max Frengky Karel Rori di Nunukan, Senin (1/6/2015).

Penangkapan sabu tersebut semuanya dideteksi melalui pemeriksaan x-ray yang ditempatkan di pintu keluar Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan yang dibawa oleh warga negara Indonesia (WNI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Negeri Sabah, Malaysia tujuan Sulawesi Selatan.

Dari 2,416 kilogram sabu yang berhasil ditangkap total dinilai diperkirakan mencapai Rp4,832 miliar.

Max Frengky berpandangan, dengan memberlakukan pengetatan pemeriksaan barang bawaan WNI atau TKI yang berasal dari Negeri Sabah, maka tidak tertutup kemungkinan akan mendapatkan penyelundupan sabu yang lebih besar lagi.

Hanya saja, upaya-upaya maksimal yang direncanakan Kantor Bea Cukai Kabupaten Nunukan ini harus didukung sepenuhnya oleh aparat kepolisian setempat untuk mengarahkan barang-barang dari Pulau Sebatik untuk diperiksa melalui x-ray di Pelabuhan Internasional Tunon Taka.

"Keberhasilan Bea Cukai Nunukan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu dari Malaysia tidak terlepas pengetatan pemeriksaan terhadap barang-barang bawaan WNI/TKI melalui x-ray di Pelabuhan Internasional Tunon Taka," ujar Kepala Kantor Bea Cukai Nunukan ini.

Ia yakin ke depannya akan menemukan lagi barang haram tersebut yang jumlahnya lebih besar walaupun kemungkinan pemasok tersebut akan mengubah modusnya dengan memasukkan dalam jumlah kecil memanfaatkan TKI yang akan pulang kampung.

"Ada indikasi pemasok besar yang ada di Malaysia ini akan mengubah modus pengiriman sabu-sabu ke Nunukan dengan memanfaatkan TKI yang akan pulang kampung dengan memasukkan sedikit demi sedikit," ungkap dia.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.