Catat! Penyesuaian PTKP Bukan untuk Minta Kenaikan Upah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Presiden Joko Widodo berencana menyesuaikan kenaikan pendapatan tak kena pajak (PTKP) dari Rp24 juta per tahun menjadi Rp36 juta per tahun. Artinya, gaji Rp3 juta per bulan akan bebas pajak.

Pengamat perpajakan, Yustinus Prastowo menilai rencana tersebut merupakan win-win solution di tengah lesunya daya beli masyarakat akibat terkereknya harga-harga kebutuhan pasca kenaikkan BBM sehingga membuat inflasi meningkat.

"Ini jadi kebijakan yang win-win solution," kata pria yang kerap disapa Pras ini, kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Namun, Pras menilai, jika nantinya usulan ini disetujui DPR dan diterapkan, Pemerintah harus betul-betul memberi sosialisasi pada masyarakat bahwa ini bukanlah acuan untuk buruh meminta kenaikan upah minimum. Kenaikkan PTKP ini harus diantisipasi karena bukan tidak mungkin muncul risiko konflik dalam penentuan upah minimum nantinya.

"Saya kira ini yang harus disosialisaikan pada pekerja pengusaha tujuannya untuk melindungi daya beli rumah tangga, jadi engak justifikasi. Rumah tangga diuntungkan PTKP-nya naik, pengusaha juga mendapat benefit," pungkasnya.
AHL

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.