Dalam Satu Dasawarsa, Pembayaran Pajak Menurun

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Pajak Ditjen Pajak Edi Slamet Irianto menyampaikan hasil evaluasi atas kepatuhan Wajib Pajak selama ini.

"Saatnya kita merenungkan kembali fenomena perpajakan kita. Pertama, pembayaran pajak cenderung menurun dalam satu dasawarsa terakhir jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi," ujar dia, seperti dikutip dari laman Ditjen Pajak, di Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Kedua, kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) cenderung menurun jika dibandingkan dengan upaya ekstensifikasi perpajakan yang dilakukan DJP.

Edi mengingatkan bahwa diselenggarakannya Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penegakan Hukum Perpajakan 2015 adalah sebagai koreksi atas kedua fenomena tersebut, sehingga di masa mendatang diharapkan kepatuhan sukarela masyarakat dalam membayar pajak meningkat.

Ke depan, DJP akan mengimplementasikan teknologi informasi untuk mengadministrasikan jejak audit pajak yang pernah dilakukan kepada Wajib Pajak. "Jika dalam suatu audit pajak ditemukan koreksi yang berulang dari tahun ke tahun, maka dapat dilakukan (pemeriksaan) Bukti Permulaan untuk selanjutnya bisa disidik," jelas Edi.

Khusus di 2015, Edi menjelaskan strategi pemeriksaan untuk mendukung Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015, di antaranya dengan fokus pada tunggakan pemeriksaan. Namun demikian, Edi menjelaskan tidak menutup kemungkinan terbitnya instruksi baru jika diindikasikan kebijakan Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015 ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Wajib Pajak.
AHL

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.