Dirjen Pajak: Tax Ratio Indonesia Masih Rendah

VIVA.co.id - Direktur Jenderal Pajak, Sigit Priadi Pramudito menilai, Indonesia termasuk dalam salah satu negara dengan tax ratio yang tergolong rendah.

Dia menuturkan, dengan hanya 11 persen, tax ratio Indonesia masih berada di bawah beberapa negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia, dan Singapura.

"Kami melihat tax ratio Indonesia yang hanya sebesar 11 persen, dibanding Filipina sebesar 12 persen, Malaysia sebesar 16 persen, dan Singapura sebesar 22 persen. Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang memiliki tax ratio yang rendah," kata Sigit, seperti dikutip pada laman Kementerian Keuangan, Mingg 7 Juni 2015.

Menurutnya, rendahnya tax ratio ini menggambarkan kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pajak, terutama untuk mendukung pembangunan.

"Hal ini menggambarkan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pajak, untuk berkontribusi membayar pajak," tambahnya.

Karena itu, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, DJP mencanangkan tahun 2015 sebagai tahun pembinaan wajib pajak.

"Itulah mengapa tahun ini dicanangkan sebagai tahun pajak, karena hal-hal kecil seperti itu WP (wajib pajak) tidak mengerti, tidak sadar, tidak menggugah WP. Tidak semua WP paham akan aturan perpajakan, maka tahun ini dicanangkan sebagai tahun pembinaan WP," katanya.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.