Kanwil DJP Jawa Tengah I Selenggarakan Talkshow Wirausaha Untuk UMKM

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pajak bagi keberlangsungan suatu negara. Penyuluhan pajak secara masif telah dan terus dilakukan mulai dari menggunakan pamflet, billboard, spanduk, koran, media online sampai dengan talkshow di radio dan televisi.

Semuanya bertujuan agar Wajib Pajak dapat memahami hak dan kewajiban perpajakannya, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan pajaknya. Pajak adalah kontribusi warga negara tanpa imbalan langsung, sedangkan subjek pajak adalah manusia yang memiliki karakter dasar tidak suka dipaksa dan menginginkan manfaat langsung dari effort/spending yang dilakukan.

Perbedaan paradigma ini merupakan penyebab berbagai penyuluhan pajak belum mampu meningkatkan kepatuhan pajak secara signifikan. Dengan latar belakang tersebut Direktorat Ekstensifikasi dan Penilaian melakukan uji coba pelaksanaan pembinaan Wajib Pajak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui program Business Development Service (BDS), yaitu kegiatan penyuluhan terhadap para pelaku UKM dengan memberikan materi berisi cara-cara yang mendorong perkembangan usaha para pelaku UKM.

Kegiatan BDS di Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I dilaksanakan pada Selasa, 26 Mei 2015 di UKM Center Banyumanik Semarang. Kegiatan dengan tema “Omset Melejit dengan Creative Marketing” ini dikemas dalam bentuk talkshow yang dihadiri 250 orang pelaku UKM di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Narasumber dalam kegiatan iniadalah Pikukuh Pambudhito beserta tim (CEO ipaymu, pakar e-commerce dan marketing online) yang menyampaikan materi mengenai bagaimana melejitkan omset dengan memanfaatkan marketing online dan Marlina dari Kanwil Bank Rakyat Indonesia (BRI) Jawa Tengah yang memberikan materi mengenai pemberian kredit bagi UKM.

Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Sondi Purwoko dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada DJP atas terselenggaranya talkshow wirausaha.

Diharapkan sinergi yang sudah terbentuk dapat dipertahankan untuk kemajuan UMKM di Provinsi Jawa Tengah. Acara talkshow berlangsung seru.

Para peserta sangat antusias mengajukan berbagai pertanyaan dan mengikuti acara sampai selesai.Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Jawa Tengah I, Eka Damayanti Unggianingsih pada saat penutupan menyampaikan kegembiraannya melihat antusiasme para peserta dan berharap ilmu yang didapat dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan omset para pelaku UKM.

“Saat omset pelaku UKM sudah melejit, jangan lupa untuk membayar pajak ya,” pesan Eka menutup acara.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.