Kanwil DJP Jawa Timur III Gelar Konferensi Pers Penyanderaan Penunggak Pajak

Kamis, 4 Juni 2015, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan konferensi pers (press conference) yang bertempat di Aula Rapat, Lembaga Pemasyarakatan Klas I-A Lowokwaru Kota Malang.

Konferensi pers ini merupakan tindak lanjut atas keberhasilan Kanwil DJP Jawa Timur III yang bekerjasama dengan Tim Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan serta Direktorat Intelijen dan Penyidikan Kantor Pusat DJP, Bareskrim Mabes Polri, Polda Jawa Timur, Polresta Malang dan Direktorat Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM dalam melaksanakan penyanderaan (gijzeling) atas dua orang Wajib Pajak yang mempunyai utang pajak dengan nilai cukup besar sehari sebelumnya.

Hadir dalam press conference ini, Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III, Budi Susanto; Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan, Bayu Kaniska; Kepala KPP Pratama Malang Utara, Ashari; Direktur Pembinaan Narapidana dan Pelayanan Tahanan, Imam Suyudi; Kepala Lapas Lowokwaru, Enny Purwaningsih; Kasat Reskim Polres Malang Kota, Adam Purbantoro; serta awak media baik dari media cetak, elektronik maupun online.

Dalam kesempatan ini Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III memberikan keterangan bahwa para penunggak pajak yang disandera adalah FA, yaitu Penanggung Pajak PT BMJ yang terdaftar di KPP Pratama Malang Utara dengan utang pajak sebesar Rp. 4,047 Milyar dan S yang merupakan WP terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan dengan total utang pajak sebesar Rp. 1,325 Milyar. 

Selain itu, dijelaskan bahwa penyenderaan merupakan upaya terakhir dari serangkaian tindakan penagihan aktif yang dilakukan terhadap para penunggak pajak dengan jumlah tunggakan sekurang-kurangnya 100 (seratus) juta rupiah dan diragukan itikad baiknya dalam melunasi utang tersebut.

Adapun periode waktu penyanderaan paling lama 6 (enam) bulan dan dapat diperpanjang untuk selama-lamanya 6 (enam) bulan serta dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Penyanderaan yang diterbitkan oleh Kepala KPP setelah mendapat izin tertulis dari Menteri Keuangan atau Gubernur.

Dengan adanya penyanderaan (gijzeling) terhadap penunggak pajak ini, Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III berharap dapat menjadi pendorong para wajib pajak lainnya untuk memenuhi kewajiban perpajakannya dengan baik.

Press conference ini diakhiri pada pukul 11.00 WIB disertai dengan tanya jawab antara para pejabat yang hadir dengan awak media.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.