Kasus Pajak Ganggu Neymar Jelang Final Liga Champions

VIVA.co.id - Situasi tak menguntungkan dialami oleh striker Barcelona, Neymar, jelang final Liga Champions melawan Juventus, Sabtu, 6 Juni 2015 atau Minggu dini hari WIB, di Olympiastadion, Berlin. Sehari sebelum duel penting tersebut digelar, otoritas pajak Brasil, dikabarkan akan memproses Neymar secara hukum dalam kasus penggelapan pajak transfernya.

Berita ini berkembang lewat majalah Brasil, Epoca. Dijelaskan, otoritas pajak Brasil telah mengumpulkan dokumen-dokumen yang terkait dengan proses transfer Neymar dari Santos ke Barca pada musim panas 2013 silam.

Dokumen yang ada termasuk rekening pribadi Neymar. Dalam proses pengumpulan dokumen, otoritas pajak Brasil bekerja sama dengan Kementerian Keuangan.

Selama beberapa pekan, otoritas pajak Brasil akan meneliti perihal dana yang keluar dan masuk lewat rekening pribadi striker 24 tahun tersebut. Yang mereka curigai adalah adanya uang masuk sejumlah €34,3 juta ke rekening pribadi Neymar selama 2011 hingga 2014

Setelah mendapatkan kesimpulan, mereka bakal melaporkannya ke Kejaksaan Federal. Pihak Kejaksaan disebut-sebut sudah dihubungi otoritas pajak terkait penyelidikan ini. Mereka menyatakan akan menunggu hasil penyelidikan hingga beberapa pekan ke depan.

Skandal pajak yang melibatkan Neymar mulai terkuak saat socio Barca, Jordi Cases mempertanyakan dana transfer Neymar. Cases menganggap Barca tak transparan saat membeli Neymar dari Santos. Pemeriksaan kemudian dilakukan oleh pihak berwajib Spanyol. Hasilnya, Sandro Rosell mundur dari jabatan Presiden.

Sepekan setelah pemeriksaan, Presiden Josep Mario Bartomeu, menjelaskan detail dana transfer Neymar. Menurut Bartomeu, transfer pemain timnas Brasil tersebut berada di angka €57,1 juta. Namun, banyak pihak yang mencurigai dana transfer Neymar menggelembung hingga €86,2 juta.

Atas kasus ini, Bartomeu serta Rosell dituntut dua tahun penjara oleh Jaksa Komisi Anti Korupsi Spanyol. Mereka dituding sudah melakukan penggelapan pajak dalam transfer Neymar.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.