Kejagung Belum Berencana Ambil Alih Kasus Hadi Poernomo dan Ilham Arief

indopos.co.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan belum berencana mengambil alih perkara mantan Direktur Jenderal Pajak, Hadi Poernomo dan Walikota Ujungpandang, Ilham Arief Sirajuddin yang kini tengah disidik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diketahui, kedua tersangka tersebut telah memenangkan gugatan praperadilan yang mereka ajukan baru-baru ini.
"Saya rasa tidak, mereka siap menyidik sendiri," kata Jaksa Agung HM Prasetyo saat ditanya soal kemungkinan pelimpahan perkara tersebut ke Kejagung, Rabu (3/5).

Namun, Prasetyo belum dapat menjelaskan lebih jauh perkembangan kedua perkara tersebut. Dia hanya menegaskan bahwa KPK tidak memiliki kewenangan untuk menghentikan penyidikan. "Tapi, penyidikan ulang, bisa dilakukan sepanjang ada bukti," terangya.

Sebagaimana diketahui, perkara Hadi Poernomo terkait pengabulan keberatan pajak PT Bank Tbk dan perkara Ilham Arief Sirajudin sementara terhenti, setelah gugatan pra peradilan mereka di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan dikabulkan, belum lama ini. KPK berencana akan mengajukan banding atas putusan pengadilan tersebut.

Prasetyo mengingatkan perkara-perkara dugaan korupsi yang telah dinyatakan tidak sah penyidikan oleh pengadilan pra peradilan, bukan berarti tidak bisa disidik kembali. "Penyidikan dapat dilakukan lgi, namun sepanjang ada bukti," tukas Prasetyo.

Selain itu, mantan kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini menambahkan yang dipermasalahkan oleh pengadilan adalah penyidikannya, tapi belum menjadi putusan pengadilan. Apalagi belum disidangkan pokok perkaranya. "Jadi, KPK masih bisa menyidik dengan bukti yang mereka miliki selama cukup," jelasnya.

Dia kembali mengingatkan, bahwa putusan praperadilan dapat mendorong penyidik untuk lebih lebih-hati dalam menangani suatu perkara serta profesional dan proporsional.

"Kumpulin dahulu bukti-buktinya. Sehingga dengan demikian ada gugatan apapun bisa dihadapi (dengan keyakinan gugatan semacam itu ditolak oleh pengadilan)," saran mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum tersebut.(ydh)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.