KPP Pratama Jakarta Matraman Selenggarakan FunTaxTIC Generasi Kreatif Sadar Pajak

“FunTaxTIC Generasi Kreatif Sadar Pajak", itulah tema yang kali ini diusung oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Timur dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Matraman, sebagai bentuk penyuluhan perpajakan kepada generasi muda.

Dengan menggandeng Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia sebagai panitia pelaksana, kegiatan yang dimeriahkan oleh 13 SMA/SMK di kecamatan Matraman ini diadakan tanggal 18 November 2014 di Youth Center Jakarta Timur.

Berbeda dengan sosialisasi yang pernah diadakan sebelumnya, sosialisasi dengan sasaran para generasi muda ini dikemas dalam bentuk Lomba Poster dan Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK , tentu saja dengan tema seputar perpajakan.

Antusiasme peserta sangat tinggi karena kebanyakan peserta yang mengikuti lomba adalah peserta yang tidak mempunyai mata pelajaran perpajakan di sekolahnya, terlebih lagi ada salah satu sekolah otomotif yang berpartisipasi dalam perlombaan ini. Itu membuktikan bahwa pajak bukan lah hal yang terdengar asing bagi mereka.

Bagi mereka, ini bukanlah halangan untuk berpartisipasi dalam perlombaan, namun adalah tantangan tersendiri bagi mereka. Untuk menyediakan gambaran mengenai perpajakan sebelum mengikuti lomba, mereka telah dibekali dengan buku seputar hak dan kewajiban perpajakan Kanwil DJP Jakarta Timur Acara dimulai dengan pretest berisikan soal umum perpajakan yang ditujukan untuk mengetahui seberapa besar wawasan mereka terhadap perpajakan.

Tidak sedikit pula siswa yang berhasil menjawab pretest dengan nilai yang baik. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Seksi Ekstensifikasi KPP Pratama Jakarta Matraman, Farichin, selaku Ketua Kegiatan, dilanjutkan sambutan Ketua Panitia dari STPI, Dandy dan diakhiri sambutan dari Kepala KPP Pratama Jakarta Matraman, Muldirwan Zen.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan penyuluhan dari Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur, Hario Damar. Dalam sosialisasinya, Hario Damar menjelaskan pentingnya meningkatkan kreativitas dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda.

Haryo mengajak peserta yang hadir untuk menggunakan lomba ini sebagai sarana meningkatkan kualitas diri dan menanamkan semangat bangga membayar pajak karena membayar pajak merupakan bukti cinta tanah air. Dengan tidak membayar pajak secara benar berarti kita sedang melakukan pengkhianatan kepada keluarga dan rakyat kita.

Acara lomba cerdas cermat dan desain poster berlangsung meriah. Para peserta dan pendukung terlihat antusias mengikuti jalannya perlombaan. Selain itu penampilan Eureka Band Plus serta perlombaan art performance yang ditampilkan oleh Mahasiswa STPI sukses menghibur siswa SMA/SMK yang hadir.

Salah satu pemenang lomba poster terinspirasi dari Gaya Michael Jackson: This is it, namun dengan sedikit sentuhan kreativitas diubah menjadi This is Tax. Rencananya poster beberapa finalis terpilih akan dijadikan sebagai Background untuk kalender 2015 KPP Pratama Jakarta Matraman.

Setelah pengumuman pemenang, acara ini ditutup oleh Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur, Hario Damar didampingi Kepala KPP Pratama Jakarta Matraman, Muldirwan Zen, Kabid P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Timur, Gontam, dan Para Juri.

Semoga acara ini dapat diselenggarakan kembali karena dapat memberi semangat dan kesadaran kepada generasi muda untuk mengetahui apa itu pajak, terutama kegunaan pajak dalam menjaga keberlangsungan negara karena membayar pajak adalah salah bentuk rasa cinta tanah air.

Generasi muda yang hadir selain sebagai calon pembayar pajak diharapkan juga dapat menjadi duta dalam mensosialisasikan pajak di keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Berikut ini adalah pemenang perlombaan Lomba Cerdas Cermat : Juara I : SMK Tirta Sari Surya Juara II : SMAN 22 Jakarta Juara III : SMA Satya Bhakti 2 Juara Harapan : SMK Pemuda Lomba Poster Juara I : Rahmanni Fitri (SMA Muhamadiyah 12 Jakarta) Juara II : Fani Nurdiati (SMAN 40 Jakarta) Juara III : Syarifah Nadiathul Laila (SMA Muhamadiyah 12 Jakarta) Juara Harapan : Farah Maramis (SMAN 22 Jakarta).


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.