KPP Pratama Penajam Sosialisasikan Pajak bagi Bendahara Desa di Kabupaten Penajam Paser Utara

Menggandeng  Badan Pemberdayaan Masayarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten  Penajam Paser Utara (PPU), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Penajam mengadakan sosialisasi untuk seluruh  bendahara desa yang ada di Kabupaten PPU.

Kegiatan yang mengambil tempat  di RM Pelangi Penajam ini diadakan tanggal 27 Mei 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh bendahara desa dari  30 desa di Kabupaten PPU.

Dalam kegiatan tersebut  Ketua Tim sosialisasi  KPP Pratama Penajam, Martono dalam sambutannya mengatakan saat ini dengan terbitnya  Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, desa diberikan kewenangan untuk mengelola keuangannya sendiri.

Dengan mengelola  anggaran desa yang cukup besar  yaitu berkisar antara Rp. 1.9 milyar-Rp. 4.5 milyar, bendahara desa mempunyai kontribusi  yang besar dalam pembangunan dengan melakukan pemotongan dan pemungutan pajak dengan benar.

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan terhadap hak dan kewajiban perpajakan para bendahara desa, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan penerimaan pajak sekaligus mencetak bendahara mahir pajak .

Kepala Bidang Pemerintah Desa BPMPD Pang Irawan dalam kesempatan yang sama mengatakan sangat mengapresiasi kerja sama antara KPP Pratama Penajam dengan BPMPD khususnya dalam kegiatan sosialisasi bagi bendahara desa. 

Oleh karena dana desa yang akan dibelanjakan tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan yakni  sekitar 86 Milyar dan penggunaan dana tersebut  akan dipantau oleh  berbagai pihak baik internal maupun eksternal termasuk pihak Direktorat Jenderal Pajak.

Kegiatan belanja negara menggunakan dana ADD  tidak lepas dari aspek perpajakan sehingga kegiatan ini merupakan bekal berharga bagi bendahara desa dalam mengelola Dana ADD, dan berharap agar para bendaharawan yang hadir dapat memanfaatkan momen ini sebagai sarana pembelajaran dan upgrade pengetahuan demikian imbuhnya.

Dalam paparannya, Fahrul Dwika Matofandi selaku pemateri, menyampaikan bimbingan teknis pemungutan/pemotongan serta pelaporan pajak bagi bendahara desa.

Dalam akhir kegiatan, Ketua Tim Sosialisasi dan Kepala Bidang Pemerintah Desa  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa mengharapkan agar kerja sama ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan di masa mendatang. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.