KPP Pratama Semarang Timur Goes to Campus Undip

Rabu, 20 Mei 2015, bertempat di aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Timur bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Keuangan Daerah mengadakan sosialisasi pajak kepada para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Undip.

Dengan mengambil momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional, acara bertema “Membangkitkan Kesadaran Generasi Peduli Pajak” tersebut diikuti oleh sekitar 120 peserta, dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara dibuka oleh Ketua Jurusan Keuangan Daerah, Drs. Purwoko, MS, yang menyambut apresiasi para mahasiswa yang memang memiliki kesadaran besar akan perpajakan. Nara sumber KPP Pratama Semarang Timur terdiri dari Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi III, Siswanto, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Agus Nugroho, Prantiyono, Jati Suntoro, Evi Kusumastuti, Sriyono, Lukman Nur Hakim, dan Umah Fatmawati.

Pada sesi pertama, Siswanto menyampaikan materi tentang dasar-dasar perpajakan meliputi pengertian, hak dan kewajiban, dan manfaat pajak, serta perbedaan tentang cakupan pajak daerah dan pajak yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Pemaparan dikemas dalam bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

Pada sesi kedua, giliran Agus Nugroho memberikan materi tentang nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan. Integritas berwujud kejujuran yang menjadi harga mati dalam mengemban tugas negara.

Profesionalsime ditunjukkan dalam proses acara ini, di mana mereka mempersiapkan segala sesuatu dengan amat matang dan lengkap. Sinergi ditunjukkan dengan kerjasama yang baik di internal maupun dengan eksternal. Pelayanan ditunjukkan oleh para fiskus dengan pelayanan kepada mahasiswa yang meminta para fiskus untuk datang dan membagikan ilmu dengan baik dan setulus hati. Nilai terakhir, kesempurnaan ditunjukkan dengan pembaharuan produk hukum dan standar kinerja menjadi lebih baik dan semakin baik yang selalu dilakukan oleh DJP.

Para peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para nara sumber. Tak lupa Tim KPP Pratama Semarang Timur pun memberikan souvenir dan hadiah kepada seluruh peserta yang hadir.

Acara seperti inilah yang dibutuhkan mahasiswa, tidak hanya mengandalkan dosen yang memberikan ilmu di kelas. Mereka harus mendatangkan langsung ahli-ahli dalam bidangnya untuk melakukan sharing dalam hal keilmuan. Mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang paling kritis dan potensial.

Para fiskus tergugah dan tertantang untuk menyadarkan mereka tentang perpajakan dan memberikan pemahaman kepada mereka tentang perpajakan. Dalam rangka kebangkitan nasional, Mahasiswa Prodi Keuangan Daerah Undip menyambut kebangkitan sistem perpajakan nasional, dan KPP Pratama Semarang Timur menyambut kebangkitan generasi muda sadar pajak. DJP, Bisa!


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.