KPP Rantau Prapat Membangun Generasi Peduli Pajak Melalui Tax Goes to School

 Foto Bersama Peserta Tax Goes to School

Tax Goes to School merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, terkait fungsinya sebagai pemberi pelayanan dan penyuluhan perpajakan. Seperti yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun KPP Pratama Rantau Prapat melaksanakan kegiatan penyuluhan Tax Goes to School, dalam rangka sosialisasi kepada calon Wajib Pajak.

Acara tersebut dilangsungkan pada 25 Mei 2015, bertempat di SMA Negeri 3 Rantau Utara. Kali ini, KPP Pratama Rantau Prapat bekerjasama dengan Prodip III Perpajakan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan kegiatan penyuluhan yang dikemas sebagai sarana edukasi, silaturrahmi, dan ‘perkenalan’ bagi siswa-siswi SMA Negeri 3 Rantau Utara.

Kegiatan Tax Goes to School, dengan bertajuk Generasi Peduli Pajak, ini dimulai pada pukul 11.00 WIB, dan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Rantau Utara berserta guru-guru SMA Negeri 3 Rantau Utara, Kepala Prodip III Perpajakan UMSU beserta rombongan, serta para pegawai KPP Pratama Rantau Prapat.

Turut dalam acara tersebut, Kepala KPP Pratama Rantau Prapat, Kepala Subbag Umum dan KI, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan dan Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I. Acara dibuka oleh Hairuz Zuhri dan Mutia Rizki Hasibuan, selaku MC, dengan mengumandangkan semboyan dan mars SMA Negeri 3 Rantau Utara. Sambua raso, hu ha! Ciek ka indak, hu ha! Ora ora eneng beda, ima hita!

Setelahnya, tak lupa MC mengajak para peserta untuk meneriakkan slogan khas DJP: DJP, Bisa! Setelahnya, acara dilanjutkan dengan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta, dengan penuh khimat.

Kemudian, berturut-turut perwakilan masing-masing instansi memberikan kata sambutan untuk membakar semangat para siswa-siswi SMA Negeri 3 Rantau Utara Tax Goes to School. Pada kesempatan itu pula, Primbang Apriliyanto, selaku Kepala KPP Pratama Rantau Prapat, mengajak seluruh siswa-siswi SMA Negeri 3 Rantau Utara untuk mulai memupuk kecintaan pada pajak, yang sejak awal tahun 2000 menjadi tulang punggung penerimaan negara.

“Karena bagaimanapun, adik-adik sekalian yang berada di sini kelak pasti akan menjadi orang-orang yang menggerakkan perekonomian bangsa kita, jadi, dengan kecintaan adik-adik semua pada pajak, di masa depan nanti, kontribusi adik-adik dalam membayar pajaklah yang akan menentukan nasib bangsa kita kedepannya.” simpulnya.

Acara Tax Goes to School dilanjutkan dengan pemberian cenderamata oleh perwakilan UMSU dan perwakilan KPP Pratama Rantauprapat kepada pihak SMA Negeri 3 Rantau Utara, sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme SMA Negeri 3 Rantau Utara dalam Tax Goes to School.

Bentuk antusiasme peserta terlihat dengan adanya hiburan dari siswa-siswi SMA Negeri 3 Rantau Utara dengan unjuk kebolehan dalam bernyanyi secara vocal grup dari siswa-siswi XI IPS dan pembacaan puisi bertema pajak dengan judul ‘Aku Cinta Pajak’ oleh Dharmala, siswi kelas XI IPS.

Acara inti Tax Goes to School pun dimulai dengan pemberian materi Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) oleh Roy Isnan, selaku Account Representative KPP Pratama Rantauprapat. Para siswa dan siswi terlihat begitu antusias saat mengikuti materi dasar pajak yang diberikan. Materi Kedua Pajak Penghasilan (PPh) dibawakan oleh Muhammad Hatta, AR KPP Pratama Rantauprapat.

Jeda sebelum memulai sesi materi ketiga perihal Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang dibawakan oleh Rezdiana, ditampilkan sebuah video tentang kepedulian untuk membangun negara berjudul ‘Aku Peduli’ serta sebuah video tentang betapa pentingnya membayar pajak.

Setelah acara inti selesai, berikutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, yang disambut dengan sangat antusias oleh para peserta. Berturut-turut para peserta, yang terdiri dari seluruh perwakilan kelas, baik IPA maupun IPS, bertanya perihal perpajakan.

Salah satunya Nina Kartina, siswi XI IPS, bertanya, “Sampai saat ini, saya sudah banyak merasakan manfaat dari pajak, yang salah satunya, seperti yang telah dijelaskan tadi, adalah dana BOS. Tapi, saya penasaran apakah teman-teman di desa terpencil atau di desa perbatasan juga merasakan manfaat dari pajak itu sendiri?“

Mewakili KPP Pratama Rantau Prapat, Roy Isnan memberikan jawaban, bahwa pemerintah Indonesia saat ini sedang mengupayakan penyaluran pajak agar merata secara maksimal ke seluruh sudut di Indonesia, baik di desa maupun di kota.

“Tak hanya itu saja, pemerintah Indonesia juga terus berinovasi menciptakan aturan-aturan baru guna mendukung upaya pemerintah tersebut. Oleh karena itu, kalau ditanya apakah manfaat pajak hanya dirasakan oleh masyarakat di perkotaan, itu jelas salah, sebab pajak berasal dari rakyat Indonesia, dan disalurkan kembali kepada rakyat Indonesia, di mana pun mereka berada, yang salah satunya, seperti kita lihat dalam video yang diputar, adalah membangun jalan. Jadi, sebagai warga negara yang baik, mari kita cintai pajak sesuai dengan peran kita masing-masing.”, ungkap Roy. 

Di akhir acara seluruh siswa-siswi yang telah berani mengungkapkan pendapat mereka sepanjang acara, serta yang berperan aktif (baik dalam vocal grup maupun puisi serta tannya-jawab) berkumpul di depan ruangan, dan mendapatkan bingkisan menarik dari panitia penyelenggara.

Setelahnya, Pinondang Siahaan, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Rantauprapat, mewakili KPP Pratama Rantau Prapat dan bapak Jasman menutup secara resmi acara Tax Goes to School 2015, dan diakhiri dengan berfoto bersama oleh para peserta dan para panitia.

Bersama-sama, saat berfoto, seluruh peserta dan panitia meneriakkan yel-yel kebanggaan DJP: DJP, Bisa! DJP, Bisa! DJP, Bisa! Jayalah, DJP! Jayalah Negeriku! Pajak menyatukan hati, membangun Negeri.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.