Kring Pajak 1500200 Jadi Jawara Jambore TBCCI 2015

Ini adalah kali pertama Kring Pajak 1500200 mengikuti Jambore The Best Contact Center Indonesia (TBCCI). Sebagai pendatang baru, persiapan kami bisa dibilang apa adanya. Bagaimana tidak, kami belum punya gambaran akan seperti apa di sana. Jadi segala kemungkinan harus diantisipasi. Tim dari contact center lain mungkin akan tersenyum geli, kalau tahu bahwa kami mengumpulkan dan merapal ‘mantra’ berupa ragam informasi tentang nama kabinet menteri, jumlah provinsi, gunung tertinggi, sampai kepada isu dan berita terkini hanya untuk persiapan perlombaan kecerdasan nantinya. Namun, ternyata, materi yang diperlombakan tak berupa isi buku Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL) seperti itu, melainkan keterampilan pramuka yang sudah lama tertinggal di usia kanak-kanak belasan tahun lalu.

Usia tim Kring Pajak 1500200, yang baru dibentuk sepuluh hari menjelang hari-H, terbilang masih belia. Usia muda ini, alih-alih menjadi penghambat asa, malah memacu semangat untuk bisa tampil lebih mengemuka. Dua belas petugas call center Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang biasa hanya memperdengarkan suara, kini harus maju menampakkan muka di lapangan terbuka. Maju menghadapi tiga belas tim lainnya yaitu masing-masing dua tim dari Astra Internasional, Bank Central Asia, dan Bank Mandiri, serta masing-masing satu tim dari ASSA Rent, Bank Indonesia, Bank Panin, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Indosat, Kereta Api Indonesia, dan Telkom Indonesia.

Selama dua hari, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, empat belas tim berlaga di tiga subkategori lomba: The Best Creative Team, The Best Smart Team, dan The Best Teamwork. Pada subkategori The Best Creative Team, kriteria penentu keberhasilan tim adalah kekuatan, tata letak, dan kebersihan lingkungan tenda serta fasilitasnya. Lalu, subkategori The Best Smart Team ditentukan oleh kecepatan dan ketepatan jawaban dari peserta dalam menyelesaikan soal-soal yang telah disiapkan oleh panitia. Sementara subkategori The Best Teamwork memperhatikan kekompakan, kedisiplinan, dan ketangkasan peserta dalam menyelesaikan jenis-jenis lomba.

Boleh dibilang, suasana kompetisi bukanlah hal baru bagi kami. Di Kring Pajak 1500200 sendiri, setiap individu ditantang untuk masuk dalam daftar top ten the month berdasarkan penilaian kinerja oleh tim Quality Assurance. Yang pada akhirnya, dengan penilaian individual tersebut, setiap agent berkontribusi menjadikan timnya the best team. Berbekal jiwa kompetitif itu dan ditambah dengan kompentensi yang dimiliki oleh petugas call center seperti cakap, cermat, adaptif, dan cepat belajar, dalam waktu singkat tim Kring Pajak 1500200 dapat mempelajari dan memahami materi lomba yang baru dikenali. Meski berpanas-panasan dan berpeluh di sana-sini, semua bergerak cepat membangun tenda, memecahkan sandi-sandi, dan menyelesaikan seluruh tantangan yang ada. Semua menikmati suasana lomba dalam bersemangat.

Bagi petugas call center DJP yang berangkat dengan selembar surat penugasan, mengikuti kompetisi ini tak beda dari melakukan tugas-tugas lainnya. Sama-sama membutuhkan konsentrasi dan harus dilakukan dengan segenap hati. Dengan satu pesan dari Ibu Henny Setyawati, Kepala Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan DJP, yang menugasi dan senantiasa mendampingi, “Jangan pernah menyerah sebelum berjuang,” kami maju dengan satu tujuan bersama ‘melakukan yang terbaik’. Dan hasilnya kami ‘mendapatkan yang terbaik’. Pada subkategori The Best Smart Team dengan Kring Pajak 1500200 dengan nilai 331, mengungguli tim Bea Cukai, BCA-1, dan Mandiri-1 dengan nilai masing-masing 330, 297, dan 290. Dan pada subkategori The Best Teamwork memimpin dengan nilai 236, disusul oleh ASSA Rent, Telkom Indonesia, dan BCA-2 dengan nilai 199,88; 194,50; dan 190,34.

Dengan memenangi dua dari tiga subkategori lomba pada Minggu, 17 Mei 2015, Kring Pajak 1500200 berhasil mengukirkan nama DJP sebagai Grand Champion Jambore TBCCI 2015.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.