Membludak, Sosialisasi e-Faktur dan PMK-91 di KPP Pratama Bekasi Utara

Acara sosialisasi PMK-91 dan e-Faktur KPP Pratama Bekasi Utara yang membludak

Diluar perkiraan, peserta sosialisasi e-Faktur dan PMK-91 yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bekasi Utara melebihi kapasitas tempat yang disediakan. Membludaknya wajib pajak yang ingin mengikuti acara sosialisasi tersebut tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Acara sosialisasi yang diadakan di Balai Pertemuan Patriot milik Pemkot Bekasi pada hari Kamis(25/6/2015), sedianya hanya mengundang 200 wajib pajak, namun pada saat acara dimulai, dan seluruh tempat duduk telah terisi, masih banyak wajib pajak yang lain yang berdatangan. "Ini diluar perkiraan saya sebab panitia mengatur hanya untuk kapasitas 200 undangan," ujar Paryan.

Diakuinya, selama ini sosialisasi PMK-91 dan e-Faktur telah beberapa kali dilakukan, namun tempatnya di aula KPP Pratama Bekasi Utara. Paryan melanjutkan bahwa, pihaknya sebenarnya sudah menyelenggarakan sosialisasi e-Faktur dalam beberapa kali kesempatan dan telah seluruh Pengusaha Kena Pajak (PKP) terdaftar di KPP Pratama Bekasi Utara diundang untuk mengikuti sosialisasi.

Namun tidak seluruh wajib pajak PKP yang diundang sosialisasi bisa hadir. Namun banyak pula PKP yang sudah pernah mengikuti sosialisasi meminta agar ikut lagi sosialisasi agar mereka lebih memahami faktur pajak elektronik tersebut.

"Sebagian besar yang hadir ini sudah pernah mengikuti sosialisasi tapi mereka meminta agar diikutkan lagi jika ada sosialisasi. Boleh dikatakan ini sosialisai by request," kata Paryan sambil tersenyum. Dari pantuan dilokasi, terlihat bahwa banyak wajib pajak yang datang karena diberitahu oleh temannya di perusahaan lain.

Salah seorang peserta sosialisasi malah mengaku tidak terdaftar di KPP Pratama Bekasi Utara namun ingin sekali lagi ikut acara sosialisasi e-Faktur agar lebih mengerti. "Ada teman dari perusahaan suplier perusahaan kami yang terdaftar di Bekasi Utara yang memberi informasi adanya acara ini. Karena saya ingin lebih mengerti, ya saya datang saja meski gak diundang," ujar salah seorang peserta.

Panitia acara sendiri sampai bolak-balik menata kursi tambahan bagi wajib pajak yang datang meski acara telah dimulai. Menurut Kepala Seksi Penyuluhan dan Ekstensifikasi KPP Pratama Bekasi Utara, Februanto Mahendradjaja, acara sosialisasi ini memang direncanakan untuk wajib pajak yang tidak hadir pada sosialisasi kepada mereka dijadwalkan dan memenuhi permintaan wajib pajak yang menginginkan untuk ikut acara sosialisasi lagi karena belum paham.

Bentuknya undangan terbuka kepada wajib pajak yang ditempel di papan pengumuman. Selain itu, pemberitahuan jadwal sosialisasi juga dikirimkan melalui email broadcast ke masing-masing wajib pajak. "Namun akibatnya, yang datang diluar perkiraan," ujarnya sambil ikut mengarahkan wajib pajak yang tidak kebagian tempat duduk.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.