Pejabat Pemerintah Kabupaten PALI Berikan Teladan dalam Penyampaian SPT Tahunan

Dengan ditetapkannya Target Penerimaan dari sektor Perpajakan sebesar 1.300 triliun pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2015 yang artinya sekitar 80% dana yang dibutuhkan untuk membiayai pembangunan dan program-program pemerintah lainnya berasal dari penerimaan pajak.

Harapan untuk mencapai penerimaan tersebut semuanya dimulai dari hajatan yang bernama SPT Tahunan. Dengan mengemban target yang sangat besar, DJP harus dapat menumbuhkan kesadaran kepada wajib pajak dalam menjalankan kewajiban perpajakannya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa rasio kepatuhan penyampaian SPT Tahunan di Indonesia masih sangat rendah padahal dari kepatuhan penyampaian SPT Tahunan inilah yang akan mempengaruhi apakah penerimaan negara akan tercapai atau sebaliknya.

Berangkat dari pemahaman inilah yang mendasari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam hal ini Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Prabumulih melakukan upaya-upaya starategis dalam meningkatkan rasio kepatuhan penyampaian SPT Tahunan.

Mulai dari pemasangan spanduk tentang penyampaian SPT Tahunan, pemasangan iklan di media cetak ataupun himbauan kepada seluruh wajib pajak terdaftar agar menyampaikan SPT Tahunan sebelum tanggal jatuh tempo penyampaian, termasuk dengan mengadakan panutan penyampaian SPT Tahunan oleh Kepala Daerah/Pejabat di setiap Daerah.

Bertempat di Gedung Serbaguna, pada tanggal 20 Maret 2015, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Prabumulih mengadakan Panutan Penyampaian SPT Tahunan yang dihadiri oleh jajaran pegawai Pemkab Pali beserta para undangan lainnya.

Kabupaten PALI sendiri adalah wilayah kerja baru dari KPP Pratama Prabumulih yang sebelumnya masih tergabung dengan Kabupaten Muara Enim. Acara dimulai pada pukul 09.00, dibuka dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan mewakili bupati Kabupaten Pali disampaikan oleh Bapak Ruswani, S.H selaku Asisten III.

Dalam sambutannya Ruswani menyampaikan bahwa peranan pajak sangat signifikan konstribusinya bagi pembangunan pemerintah pusat maupun daerah. “khusus Pemerintah Daerah, kita mendapatkan Pendapatan Daerah dari bagi hasil Pajak dan Dana Alokasi Umum yang setiap tahun terus meningkat”.

Ruswani juga menghimbau agar Para Pejabat, Tokoh Masyarakat, dan Pegawai Negeri Sipil menjadi contoh atau teladan dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan, salah satunya adalah menyampaikan SPT Tahunan sebelum jatuh tempo.

Senada dengan Ruswani, Drs. Ramdanu Martis, M.M selaku Kepala KPP Pratama Prabumulih meminta para Kepala Dinas untuk menghimbau bendahara agar segera membuat bukti potong 1721-A2 sehingga para pegawai bisa segera menyampaikan SPT Tahunan. Ramdanu Martis juga menambahkan bahwa dalam pengisian SPT Tahunan harus benar, jelas, dan lengkap.

“Pejabat dan Kepala Daerah setempat harus menjadi role model dalam menyampaikan SPT Tahunan, tidak hanya menggugurkan kewajiban saja, tapi harus menjadi sarana pertanggungjawaban dengan mengisi SPT Tahunan secara benar, jelas, dan lengkap.

Ditambahkan pula bahwa DJP menyediakan berbagai fasilitas kemudahan untuk membantu wajib pajak melaporkan SPT Tahunan, salah satunya melalui media penyampaian secara online, e-Filing. Acara dilanjutkan dengan penyampaian SPT Tahunan yang dilakukan oleh Asisten III, Sekcam Talang Ubi, dan Kepala DPPKAD mewakili Pemerintah Kabupaten Pali yang langsung diterima oleh Kepala KPP Pratama Prabumulih.

Wajib pajak dan undangan yang hadir pada acara Panutan ini sangat antusias, terbukti setelah acara selesai mereka langsung mendatangi meja petugas penerima SPT Tahunan. Ada yang langsung menyampaikan SPT Tahunan maupun berkonsultasi mengenai masalah kewajiban perpajakan.

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh DJP dalam rangka memudahkan wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan telah disediakan, baik secara online ataupun manual. Contoh nyata dan teladan pun telah diberikan oleh Pimpinan Daerah kepada masyarakatnya dalam rangka pemenuhan kewajiban perpajakan.

Semoga dengan adanya Pekan Panutan ini menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya konstribusi penerimaan dari sektor perpajakan.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.