Penghulu Dihimbau Jangan Terima Uang Tips

Timlo.net - Aditya

Timlo.net - Aditya

Rotasi 14 kepala KUA di Klaten

Klaten - Kementerian Agama (Kemenag) Klaten melarang para penghulu atau petugas pencatat nikah meminta dan menerima uang tips saat memberikan pelayanan kepada pasangan pengantin.

"Berdasarkan PP Nomor 45 tahun 2014 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kemenag, besaran bea pencatatan nikah sudah diatur. Bagi pasangan yang menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) tidak dikenakan biaya," ucap Kepala Kemenag Klaten, Mustari, Senin (1/6) kemarin.

Kendati demikian, bagi pasangan pengantin yang menikah diluar KUA dan memanggil penghulu memang dikenai biaya sebesar Rp 600 ribu. Namun diluar itu sudah tidak ada lagi pungutan diluar prosedur alias zero payment.

"Sudah ada prosedurnya. Bagi pasangan pengantin yang menikah diluar kantor KUA maka langsung membayarkannya ke Bank pemerintah yang telah ditunjuk. Bukan membayarkannya langsung ke penghulu bersangkutan," tandasnya.

Ditambahkannya, bila masyarakat menemukan penghulu yang meminta bayaran atau diluar prosedur agar melaporkannya kepada Kemenag Klaten.

"Kami mengingatkan kepada para penghulu untuk berhati-hati, jangan sampai ada pengaduan dari pasangan pengantin. Bila benar ada, kami siap tindaklanjuti," tambahnya.


Editor : Dhefi Nugroho

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.