SMK Negeri 1 Bantul Kunjungi Kanwil DJP Jawa Tengah II

siswa-siswi serius mengikuti acara

Target penerimaan pajak yang setiap tahun selalu meningkat hanya akan dapat tercapai apabila ada peran serta dan kesadaran dari masyarakat dalam membayar pajak. Untuk itu kesadaran ini harus dipupuk dimulai sejak dini, utamanya kepada generasi penerus yang sedang mengenyam pendidikan di sekolah dasar dan lanjutan, karena merekalah yang akan menjadi Wajib Pajak pada masa yang akan datang.

Oleh karena itu Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II sangat senang ketika menerima permohonan kunjungan dari SMK Negeri 1 Bantul, karena hal ini bisa dijadikan sarana untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada generasi penerus mengenai arti dan manfaat pajak, serta menanamkan kesadaran untuk membayar pajak sejak dini.

Akhirnya pada Selasa, 28 April 2015 dipimpin dengan dipandu 5 orang guru yang dikoordinir oleh ibu Budi Winarni, tibalah 56 murid kelas XII SMK Negeri 1 Bantul ke Kanwil DJP Jawa Tengah 2. Acara yang diadakan di Aula tersebut dibuka oleh Kepala Bagian Umum Kanwil DJP dengan tangan terbuka karena dimanapun itu DJP adalah satu kesatuan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Budi Winarni yang merupakan koordinator dari SMK Negeri 1 Bantul, beliau menyampaikan ucapan terima kasih karena telah diterima berkunjung ke Kanwil DJP Jawa Tengah II.

Budi menyatakan bahwa murid-murid yang mereka bawa kali ini berasal dari jurusan Administrasi Perkantoran sehingga tidak ada materi pajak di dalam kurikulumnya dan kehadiran mereka saat ini adalah untuk menambah wawasan dan ilmu baru utamanya mengenai sektor pajak yang diharapkan dapat menjadi tambahan bekal bagi para siswa.

Selanjutnya pemberian materi disampaikan oleh petugas penyuluh dari Bidang P2 Humas yaitu Achmad Mudjib dan Tri Miarsih secara bersama-sama. Materi yang disampaikan adalah pengenalan dasar pajak meliputi pengertian pajak, hak dan kewajiban Wajib Pajak, manfaat pajak, jenis-jenis pajak, dan materi-materi dasar tentang pajak lainnya.

Para guru dan murid sangat antusias mengikuti jalannya penyuluhan ditandai dengan antusiasme menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkadang diselipkan oleh penyuluh ataupun menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami.

Setelah pemberian materi tentang pajak, kunjungan dilanjutkan dengan tur keliling Kanwil DJP Jawa Tengah II untuk melihat bagaimana proses bisnis yang ada di kantor wilayah, dengan singkat dijelaskan tentang bagian/bidang yang ada dan apa saja tugas-tugas utama masing-masing bagian ataupun bidang, kemudian acara ditutup dengan makan siang bersama di aula.

Semoga kunjungan ini dapat memberikan wawasan dan menjadi bekal bagi mereka sehingga di masa depan mereka dapat menjadi Wajib Pajak yang patuh dan juga dapat menjadi agen perubahan bagi lingkungan di sekitar mereka dengan memberi pemahaman dan penjelasan tentang pajak kepada lingkungan sekitar mereka, pembinaan tentang kesadaran pajak memang harus dimulai sejak dini dan dilakukan secara berkesinambungan agar di masa yang akan datang kesadaran dan kepedulian terhadap pajak terus meningkat sehingga target pajak dapat selalu tercapai.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.