Tas LV Hingga Rolex Belum Bebas Pajak Barang Mewah, Ini Kata Menkeu

Jakarta -Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengumumkan pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk barang-barang tertentu. Namun sampai sekarang ternyata kebijakan tersebut belum efektif berlaku.

Berdasarkan pantauan detikFinance di gerai Louis Vuitton (LV) dan jam Rolex di mal Jakarta, harganya masih normal atau masih dikenakan PPnBM.

Menkeu Bambang Brodjonegoro mengaku telah menandatangani aturan yang merupakan revisi dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 130/PMK.011/2013 pada pekan lalu. Harusnya hari ini atau besok sudah terbit aturannya.

"Saya sudah tanda tangan, harusnya sih sudah sekarang atau besok," ungkap Bambang di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/6/2015)

Menurutnya, ini hanya keterlambatan birokrasi untuk penyelesaian administrasi. Sekarang PMK tersebut sudah berada di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) untuk pencatatan nomor aturan.

"Tinggal proses administrasi lah itu. Iya di Kemenkumham kan tinggal pencatatan," terangnya.

Bambang memastikan, aturan ini berlaku pada pekan ini. Ia harus mengecek terlebih dahulu kepada jajarannya terkait penerbitan aturan tersebut. Aturan akan langsung berlaku saat diterbitkan.

"Minggu ini lah pasti beres, atau jangan-jagan sudah saya nggak ngikutin lagi," terangnya.

Berikut rinciannya :


  • Peralatan elektronik: lemari pendingin, TV, pemanas air, alat perekam video, microwave, mesin pencuci baju dan mesin pengering, AC mobil, alat fotografi, proyektor.
  • Alat olahraga: alat pancing, golf, selam, selancar, menembak.
  • Alat musik: piano dan alat musik elektrik.
  • Barang bermerek terkenal: minyak wangi, tas, pakaian, arloji, sadel (untuk naik kuda), barang dari logam mulia, dan alas kaki.
  • Peralatan rumah dan kantor: permadani, kursi, meubel, lampu, porselen, dan ubin.
(mkl/rrd)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.