Tunggak Pajak Rp5,3 M, Dua Warga Malang Dibui

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua orang Warga Malang, Jawa Timur, berinisial FA dan S, mulai malam ini menginap di Lembaga Pemasyarakatan Klas I A Lowokwaru, Kota Malang. Mereka berdua disandera karena dianggap memiliki utang pajak tertunggak hingga Rp5,3 miliar.

"FA merupakan penanggung pajak PT BMJ yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara, mempunyai utang pajak Rp4 miliar, sedangkan S merupakan penanggung pajak yang terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan yang mempunyai total utang pajak Rp1,3 miliar," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak, Mekar Satria Utama melalui siaran pers yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (4/6/2015).

Menurut Mekar, penyanderaan merupakan upaya terakhir dari serangkaian tindakan penagihan terhadap penunggak pajak. Hal itu sesuai UU Nomor 19 Tahun 1997 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa sebagaimana diubah terakhir dengan UU Nomor 19 Tahun 2000.

Penyanderaan dilakukan terhadap wajib pajak yang mempunyai tunggakan pajak sebanyak Rp100 juta atau lebih dan diragukan itikad baiknya melunasi utang tersebut.

Masa penyanderaan, paling lama enam bulan dan dapat diperpanjang selama-lamanya 6 (enam) bulan serta dilaksanakan berdasarkan surat perintah penyanderaan yang diterbitkan oleh Kepala KPP. Tentu setelah mendapat izin tertulis dari Menteri Keuangan.

"Penanggung pajak yang disandera dapat dilepaskan apabila utang pajak dan biaya penagihan pajak telah dibayar lunas, jangka waktu yang ditetapkan dalam Surat perintah penyanderaan telah terpenuhi, berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap atau berdasarkan pertimbangan tertentu Menteri Keuangan," terang dia.

Mekar Satria mengimbau seluruh wajib pajak kooperatif menjalankan kewajibannya. Mekar mempunyai kabar gembira, bagi wajib pajak yang mempunyai utang pajak.

"Inilah saatnya memanfaatkan Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015, karena apabila utang pajak dilunasi tahun 2015 ini, Sanksi Bunga Penagihan sesuai Pasal 19 Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan dihapuskan," kata dia.
YDH

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.