Unsyiah Dorong Mahasiswa Belajar Pajak

BANDA ACEH - Banyak kampus mendorong mahasiswa untuk memahami urusan perpajakan. Salah satunya adalah Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh dengan mendirikan Tax Center di kampus.

Pendirian Pusat Informasi Pendidikan dan Pelatihan Perpajakan itu merupakan hasil kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak. Kepala Kantor Wilayah Dirjen Pajak Aceh, Mukhtar dan Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal hari ini menandatangani kesepakatan kerjasama pendirian Tax Center tersebut di Balai Senat Unsyiah.

Samsul mengapresiasi kerjasama kedua lembaga karena tingkat kesadaran wajib pajak selama ini di Indonesia, khususnya Aceh, masih kurang. Padahal potensi pajak cukup tinggi.

"Sangat susah menyakinkan wajib pajak terkait tanggung jawabnya ini," ujar Samsul di kampus Unsyiah, Kamis (11/6/2015).

Dia mencontohkan, sekarang uang warga Indonesia yang berada di Singapura mencapai Rp3.000 triliun. Dan dari jumlah tersebut sebagiannya diinvestasikan ke luar negeri. Padahal, jika berhasil menarik pajak dari bunganya saja, Indonesia bisa mendapatkan sekira Rp300 triliun.

Samsul mengimbuhkan, pembentukan Tax Center sangat tepat dan diharapkan mampu menyadarkan masyarakat terkait kewajibannya sebagai warga negara. "Selama ini masyarakat bukan tak mau bayar pajak, tapi belum memahami sepenuhnya betapa pentingnya pajak," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Dirjen Pajak Aceh, Mukhtar mengatakan, Dirjen Pajak telah mencanangkan tahun ini sebagai kebangkitan dan pembinaan pajak, sekaligus menggali potensi yang belum tersentuh.

"Bentuk komiten ini adalah dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan No 91 Tentang pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi atas keterlambatan penyampaian surat pemberitahuan, pembetulan surat pemberitahuan, dan keterlambatan pembayaran atau penyetoran pajak," papar Mukhtar.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.