Dengan Sigap, KPP Pratama Medan Belawan Sita Aset Penunggak Pajak

Dua Jurusita Negara saat memulai melakukan proses penyegelan

Medan, 30 Juni 2015, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Medan Belawan melakukan penyitaan terhadap aset milik seorang penunggak pajak, LM. Aset tersebut berupa toko yang terletak di salah satu pusat perbelanjaan di kota Medan.

Tindakan penyitaan diambil setelah melakukan serangkaian kegiatan penagihan aktif atas penunggak pajak tersebut, mulai dari menerbitkan surat teguran, surat paksa, sampai dengan pemberitahuan penyitaan. LM merupakan Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Medan Belawan.

Selama ini, LM bergerak di bidang penjualan kacamata dan memiliki beberapa optik di kota Medan. Karena tak kunjung melunasi utang pajaknya dengan nilai total sebesar Rp 857.522.860, upaya penyitaan pun dilancarkan oleh KPP Pratama Medan Belawan.

“Setelah dilakukan penyitaan, diharapkan Wajib Pajak ini melunasi utang pajaknya. Namun, apabila Wajib Pajak tetap tidak melunasi utang pajaknya, maka kita akan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu pelelangan. Toko sitaan tersebut akan kita lelang,” jelas Wellfrietd Sitompul, Kepala Seksi Penagihan KPP Pratama Medan Belawan.

Didampingi oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara I, petugas Jurusita KPP Pratama Medan Belawan, yaitu Ilham Ansyari Batubara dan Dedi Simbolon, dengan sigap melakukan seluruh prosedur formal penyitaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal ini sangat penting untuk menghindari gugatan dari Wajib Pajak di kemudian hari. Beberapa saksi pun ikut mengawasi jalannya penyitaan. Kegiatan penegakan hukum memang harus dilakukan untuk memastikan bahwa Wajib Pajak melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan benar.

Apabila diperlukan, kegiatan penegakan hukum tidak hanya berhenti sampai penyitaan, namun dapat diteruskan sampai dengan pencegahan dan penyanderaan. Dengan target penerimaan pajak tahun 2015 sebesar Rp 1.295 triliun, kegiatan penegakan hukum diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal bagi penerimaan negara.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.