Dinas Pajak DKI Temukan Pemalsuan Dokumen PBB

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Pelayanan Pajak (DPP) Provinsi DKI Jakarta menemukan sejumlah dokumen Pajak Bumi Bangunan (PBB) palsu. Pemalsuan dokumen diduga dilakukan oleh calo yang mengaku sebagai petugas DPP DKI.

Sekretaris Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta Made Suarjaya mengatakan, pemalsuan terjadi karena Wajib Pajak (WP) memakai jasa perantara atau calo saat mengurus permohonan pengurangan ketetapan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB P2).

"Kami menemukan banyak dokumen PBB yang palsu. Ini sangat merugikan warga. Karena saat membayar pajak pasti ditolak oleh sistem," kata Made, Jumat (10/7/2015).

Ia mengungkapkan, dirinya menerima laporan pengaduan warga ke Kantor Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Taman Sari Jakarta pada Minggu, 5 Juli. Dua kasus pemalsuan dokumen pengurangan ketetapan PBB P2 menimpa Mulia Hadi Winata dan I Made Samudera Wigina, warga Taman Sari VIII, Jakarta Barat.

"Mereka ditipu oleh orang bernama Untung yang mengaku sebagai pegawai DPP DKI. Surat dokumen pengurangan PBB P2 yang dimiliki diketahui palsu saat mau bayar pajak di bank. Data mereka ternyata tidak sesuai dalam sistem pembayaran PBB yang terintegrasi di Bank DKI," ujarnya.

Made mengaku, telah menindaklanjuti temuan pemalsuan dokumen tersebut ke polisi. "Kami meminta warga yang menjadi korban penipuan mengadukan persoalan pemalsuan dokumen ke aparat hukum," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, sesuai aturan, permohonan pengurangan PBB P2 diajukan oleh warga ke kantor UPPD yang ditindaklanjuti dengan survei ke lapangan oleh petugas pajak. Setelah survei dilakukan, DPP DKI akan mengeluarkan surat keputusan terhadap permohonan yang diajukan oleh WP.

"Jika warga menemukan adanya pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan oleh oknum petugas pajak, segera laporkan kepada sekretariat Dinas Pelayanan Pajak DKI atau dapat menghubungi nomor telepon saya 081289783378," tegasnya.

FZN

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.