Ditjen Pajak Endus Pengusaha Jateng Pengemplang Pajak

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DPJ) Jawa Tengah mengendus adanya pengusaha yang secara sengaja menyembunyikan identitas setiap transaksi pembelian dengan tujuan menghindari pungutan pajak.

Mereka kebanyakan adalah pengusaha pertambangan di Semarang yang sebelumnya marak melakukan aktivitas pertambangan galian C secara ilegal.

"Biasanya pengusaha nakal tersebut jika membeli bahan tidak mau disebutkan identitasnya. Jika menemui seperti ini, berarti dia berpotensi menghindar pajak," kata kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah I, Dasto Ledyanto, Selasa (7/7).

Dasto menilai, Ditjen Pajak tengah menyiapkan sanksi tegas kepada wajib pajak yang sengaja menghindari pembayaran pajak. "Pajak yang harus disetor itu sebenarnya tidak akan membebani pengusaha jika dilakukan secara benar."

Modus lain yang dilakukan para pengemplang pajak di Jateng dengan membuat faktur pembayaran pajak palsu. Mei lalu, Kanwil Pajak Jateng menyerahkan dua tersangka pemalsu faktur pajak.

"Pengemplangan pajak dua pengusaha itu dilakukan dalam rentang waktu 2004 - 2007 dengan total kerugian negara Rp 11,123 miliar," katanya.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.