Kanwil DJP Banten Tutup Semester I dengan Penyanderaan

Sambutan

Selasa, 30 Juni 2015, tepat pada akhir semester I di tahun 2015 ini, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten dengan berkoordinasi dengan Kantor Pusat DJP, Kepolisian Republik Indonesia dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melakukan penyanderaan atas nama Wajib Pajak PT TTM, dengan tersandera TJ selaku pemilik dan penunggak pajak.

Perusahaan tekstil ini telah melalui proses panjang penagihan aktif, dengan surat paksa, blokir, sita hingga kemudian disandera sesuai dengan Surat Izin Penyaderaan dari Menteri Keuangan Nomor SR-1781/MK.03/2015 tanggal 24 Juni 2015.

Penyaderaan adalah upaya terakhir atas Wajib Pajak yang tidak kooperatif menyelesaikan tunggakan pajaknya. PT TTM adalah Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tangerang Barat, dengan utang pajak sebesar Rp 1,2 Milyar yang merupakan tunggakan atas utang-utang pajak tahun 2010 (tahun pajak 2008).

Dengan tidak adanya itikad baik dari Wajib Pajak untuk menyelesaikan tunggakan pajaknya diharapkan upaya hukum penyaderaan dapat memaksa Wajib Pajak untuk melunasi utang pajaknya disamping memberikan efek jera dan efek berantai terhadap Wajib Pajak lain dengan kasus serupa.

Sebagai penanggung pajak, TJ akan disandera di Lapas Klas IIA Salemba, Jakarta. Laipas ini telah dipersiapkan sebelumnya untuk penyaderaan sebagaimana telah dilakukan terhadap beberapa sandera terdahulu. Selain Lapas Klas IIA Salemba, terdapat beberapa Lapas yang telah dipersiapkan untuk penyaderaan, sesuai dengan kebutuhan proses penyanderaan DJP.

Bagi Kanwil DJP Banten dan KPP Pratama Tangerang Barat khususnya, penyanderaan ini merupakan yang pertama. Pada upaya penagihan aktif sebelumnya, pada umumnya Wajib Pajak telah bersedia menyelesaikan tunggakan pajak pada tahap penagihan aktif yang lebih ringan, seperti blokir mapupun sita.

Untuk itu, kesiapan fiskus untuk dapat menagih serta koordinasi yang baik antar pihak-pihak penegak hukum sudah seharusnya dapat terus dibina demi pengamanan penerimaan negara, mengingat tanggung jawab atas keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah tanggung jawab bersama.

Tags: 


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.