Kanwil DJP Jakarta Utara Gelar Road Show TPWP 2015

Road Show PMK 91 & 29 Kanwil DJP Jakarta Utara

Tahun 2015 merupakan Tahun Pembinaan Wajib Pajak (TPWP) yang dicanangkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai suatu kebijakan yang mendukung fasilitas pelayanan yang terus dibenahi dan disempurnakan, dalam bentuk e-Regristrasi, e-SPT, e-Filing, e-Billing dan e-Faktur.

Selama TPWP 2015 ini, DJP memberikan kesempatan seluas-luasnya dan mendorong Wajib Pajak untuk menyampaikan SPT dan/atau membetulkan SPT serta melakukan pembayaran pajak. DJP memberikan fasilitas penghapusan sanksi administrasi berupa bunga dan denda yang timbul atas keterlambatan pembayaran dan pelaporan pajak-nya serta penghapusan sanksi bunga penagihan melalui:

  1. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 91/PMK.03/2015 Tentang Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi atas Keterlambatan Penyampaian Surat Pemberitahuan, Pembetulan Surat Pemberitahuan, dan Keterlambatan Pembayaran atau Penyetoran Pajak.
  2. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 29/PMK.03/2015 Tentang: Penghapusan Sanksi Administrasi Bunga Yang Terbit Berdasarkan Pasal 19 Ayat (1) Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan Sebagaimana Telah Beberapa Kali Diubah Terakhir Dengan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2009.

Implementasi sosialisasi kedua peraturan tersebut oleh Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Utara melalui Road Show dengan melibatkan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah Kanwil DJP Jakarta Utara yang dilaksanakan secara langsung selama periode bulan Juni tepatnya dari tanggal 3 Juni 2015 sampai dengan tanggal 17 Juni 2015, bertempat di:

  1. Aula KPP Madya Jakarta Utara
  2. Hotel Grand Asia, Jakarta Utara
  3. Wedding Hall Pantai Indah Kapuk
  4. Hotel Sun Lake Sunter
  5. Club Kelapa Gading

Peserta sosialisasi yang diundang meliputi Wajib Pajak Orang Pribadi, Bendaharawan, dan Wajib Pajak Badan serta konsultan pajak. Khusus Wajib Pajak Badan dihadiri oleh pengurus maupun pemilik langsung yang merupakan pengambil keputusan.

Sementara Wajib Pajak Orang Pribadi dihadiri tanpa diwakili sehingga manfaat PMK-91 dan PMK-29 ini dirasakan betul oleh para Wajib Pajak tersebut. Pada kesempatan ini “raport” kepatuhan masing-masing Wajib Pajak baik masalah pengisian, pelaporan maupun pembayaran disampaikan kepada Wajib Pajak sehingga meminimalisasi kesalahpahaman antara fiskus dengan Wajib Pajak yang selama ini sering diwakili oleh staf maupun oleh pihak ketiga.

Dalam Road Show tersebut, Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara berpartisipasi secara langsung sebagai nara sumber dengan moderator pengacara kondang yang penuh sensasi: Hotman Paris Hutapea, sehingga pelaksanaan bedah tuntas PMK-91 dan PMK-29 berlangsung dengan “seru, menarik dan penuh perdebatan” sehingga Wajib Pajak menyambut dengan antusias fasilitas tersebut.

Beberapa Wajib Pajak masih ragu untuk memanfaatkan fasilitas tersebut karena menunggu kebijakan DJP lainnya yaitu pengampunan pajak (Tax Amnesty) yang juga banyak dimuat di media sebagai suatu wacana kebijakan DJP yang akan dikeluarkan, namun demikian diyakinkan bahwa Wajib Pajak tidak perlu menunggu lagi untuk memanfaatkan fasilitas PMK-91 dan PMK-29 karena hanya berlaku di tahun 2015.

Khusus untuk fasilitas PMK-91, Wajib Pajak tidak bisa memanfaatkannya jika telah dilakukan pemeriksaan. Menjawab pertanyaan mengenai jaminan pemeriksaan, Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara menyampaikan bahwa tidak ada alasan bagi DJP untuk melakukan pemeriksaan terhadap Wajib Pajak yang memanfaatkan fasilitas tersebut sepanjang data yang disampaikan oleh Wajib Pajak sudah benar, lengkap dan jelas, dengan kata lain “tidak ada dusta di antara Wajib Pajak dan DJP, khususnya Kanwil DJP Jakarta Utara”.

Wajib Pajak yang memanfaatkan fasilitas tersebut didominasi oleh Wajib Pajak Orang Pribadi berjumlah 958 Wajib Pajak dari 383.900 Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar di wilayah Kanwil DJP Jakarta Utara. Dengan selesainya Road Show PMK 91/PMK.03/2015 dan PMK 29/PMK.03/2015 yang dilaksanakan pada bulan Juni menjadi salah satu support dalam pengamanan penerimaan pajak di Kanwil DJP Jakarta Utara, sehingga penerimaan tercapai 100%.

Related Files: 

Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.