Kanwil DJP Jakarta Utara Gelar Pelatihan e-Faktur

Kurang lebih 150 Wajib Pajak Badan dan Konsultan Pajak mengikuti pelatihan aplikasi e-Faktur di di Aula KPP Madya Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, Selasa (30/06). Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Utara dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Pengurus Daerah Jakarta Utara.

Pelatihan penggunaan aplikasi e-Faktur ini dilatarbelakangi banyaknya Wajib Pajak Badan khususnya para Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang belum paham tentang pembuatan Faktur Pajak dalam bentuk elektronik, sementara sejak 1 Juli 2015 sesuai ketentuan Keputusan Dirjen Pajak mewajibkan PKP di seluruh wilayah Jawa dan Bali untuk menerbitkan Faktur Pajak dalam bentuk elektronik.

Acara sosialisasi dibuka dengan sambutan Ketua IKPI Jakarta Utara, Budiwahono Onggo. Dalam sambutannya, Budiwahono menyatakan bahwa elatihan ini merupakan pelatihan e-Faktur yang kedua, namun masih banyak Wajib Pajak PKP yang belum memahami tata cara penerbitan e-Faktur.

Selanjutnya Kepala Kanwil DJP Jakarta Utara, Potas Pane dalam sambutannya menyatakan bahwa e-Faktur merupakan kelanjutan dari proses pembenahan dan penyempurnaan fasilitas pelayanan DJP, dimana pada masa sebelumnya DJP telah menerbitkan e-regristrasi, e-SPT, e-Filing dan e-Billing. Proses pembenahan dan penyempurnaan fasilitas pelayanan tersebut masih akan berlanjut terus dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut Pontas Pane mengingatkan bahwa DJP akan melakukan tindakan tegas kepada Wajib Pajak yang menyalahgunakan penerbitan Faktur Pajak, misalnya menerbitkan atau menggunakan Faktur Pajak yang tidak berdasarkan transaksi sebenarnya, atau Faktur Pajak fiktif.

Namun jika ada Faktur Pajak fiktif yang telah terlanjur diperhitungkan dalam SPT masa PPN, Pontas Pane menghimbau agar dilakukan pembetulan SPT Masa dan membayar kekurangan pajaknya, mengingat tahun 2015 ini merupakan tahun pembinaan yang memberikan fasilitas penghapusan sanksi pajak.

Jika sampai terperiksa, fasilitas penghapusan itu tidak akan dapat diberikan, tegas Pontas Pane. Materi pelatihan pengguanaan aplikasi e-Faktur sekaligus praktek penggunaan aplikasi e-Faktur disampaikan oleh Merdiyudha Pradapa dan kawan-kawan, para account representative dari KPP Pratama Jakarta Penjaringan.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.