Kanwil DJP Jawa Tengah I dan Tax Center USM Selenggarakan Seminar Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015

Bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM), Senin, 15 Juni 2015 Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I bersama dengan Tax Center Universitas Semarang (USM) mengadakan Seminar Perpajakan dengan tema “Tahun 2015 Sebagai Tahun Pembinaan Wajib Pajak, Manfaatkan Penghapusan dan Pengurangan Saksi Perpajakan”.

Acara dihadiri oleh anggota Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Perwakilan Semarang serta mahasiswa Fakultas Ekonomi USM. Seminar dibuka oleh Ketua Tax Center USM, Wicaksono. Dalam sambutannya, Wicaksono menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk mensosialisasikan salah satu program pemerintah di bidang perpajakan yaitu Tahun Pembinaan Wajib Pajak (TPWP) 2015.

Diharapkan dengan adanya pembekalan informasi dan pengetahuan perpajakan sejak dini, para mahasiswa akan sadar terhadap pajak di kemudian hari setelah mereka memasuki dunia kerja.

Kepala Seksi Pengurangan Keberatan dan Banding IV Kanwil DJP Jawa Tengah I, Yurnalis RY, yang menjadi narasumber dalam acara ini memaparkan materi mengenai TPWP 2015, meliputi apa itu TPWP, jenis Surat Pemberitahuan (SPT) yang dapat diajukan penghapusan/pengurangan sanksinya, tata-cara untuk memperoleh penghapusan/pengurangan sanksi dan sebagainya.

Dekan Fakultas Ekonomi USM, Kesi Widjajanti, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Tax Center USM dalam memberikan informasi perpajakan kepada mahasiswa dan Wajib Pajak (WP). “Jika melihat kepatuhan WP yang masih rendah, kami sebagai akademisi ingin membantu pemerintah untuk mensosialisasikan informasi atau peraturan baru mengenai perpajakan”, ungkap Kesi.

Antusiasme peserta nampak dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber, baik mengenai TPWP maupun di luar materi tersebut. Diharapkan setelah mengikuti seminar perpajakan ini, para mahasiswa dan WP semakin mengerti dan sadar tentang hak dan kewajiban perpajakannya, serta ikut berperan aktif dalam membangun negara melalui pajak, karena #PajakMilikBersama.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.