Kanwil DJP Jawa Tengah I Meriahkan Ramadhan di Lingkungan GKN Semarang II

“Wahai orang-orang yang beriman infakkanlah (di jalan Allah) sebagaian dari rizki yang telah Kami berikan kepada kalian sebelum datang suatu hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafa’at” (QS Al Baqoroh : 254) Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1436 H, unit vertikal dan instansi Kementerian Keuangan di lingkungan Gedung Keuangan Negara (GKN) Semarang II dan takmir Masjid Shalahuddin mengadakan berbagai macam kegiatan yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT, menemukan kembali fitrah manusia, memakmurkan masjid, mempererat ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan tsaqofah (wawasan) keislaman.

Kegiatan yang dilakukan meliputi tarhib Ramadhan, distribusi jadwal imsakiyah, ifthor (buka puasa bersama), sholat tarawih berjama’ah, kajian tematik, kajian rutin, kultum Shalahuddin, tahsin Al-Quran, kajian keputrian, tablig akbar, i’tikaf, bazar dan santunan. Kegiatan diawali dengan tarhib Ramadhan pada Rabu, 10 Juni 2015 dengan mengundang Ustadz Bambang Nugroho sebagai penceramah.

Materi ceramah tentang Ramadhan yang akan membuahkan kebiasaan-kebiasaan baru. Kegiatan selanjutnya adalah penyebaran jadwal imsakiyah sebanyak 1.000 lembar. Selama bulan Ramadhan, Masjid Shalahuddin GKN Semarang II menyediakan takjil sebanyak 50 sd 60 paket setiap harinya dan melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Kajian tematik dilaksanakan tiap Selasa ba’da Sholat Ashar, sedangkan kajian rutin dilaksankan tiap hari Rabu ba’da Ashar dengan nara sumber ustadz-ustadz yang kompeten keilmuannya. Selain itu, diadakan pula kultum tiap Senin, Selasa dan Kamis ba’da sholat Ashar dengan pemateri para pegawai Kementerian Keuangan di lingkungan GKN Semarang II.

Tahsin Al-Quran khusus jamaah putra dilaksanakan tiap Senin dibimbing ustadz Dzikron Muhammad. Khusus untuk jamaah putri ada kajian keputrian tiap Kamis ba’da sholat Dzuhur. Pada Kamis, 9 Juli 2015 diadakan rangkaian kegiatan bakti sosial, tablig akbar dan i’tikaf. Kegiatan bakti sosial dilaksanakan melalui pembagian 500 paket sembako dan baju layak pakai kepada cleaning service (CS), satpam, pramubakti serta warga Kelurahan Dadapsari, kelurahan di mana lokasi GKN Semarang II berada.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Dasto Ledyanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa bakti sosial ini merupakan kerjasama instansi Kementerian Keuangan yang ada di GKN Semarang II. Baksos adalah wujud kepedulian secara langsung kepada masyarakat sekitar GKN Semarang II.

Sedangkan Lurah Dadapsari, Dwiyanto, SE., menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kepedulian para karyawan dan karyawati Kementerian Keuangan GKN Semarang II yang telah menyisihkan sebagian rejekinya untuk berbagi ke masyarakat Kelurahan Dadapsari.

Sore harinya sambil menunggu buka puasa diadakan tablig akbar dan pemberian kepada santunan 60 anak yatim/piatu. Dalam ceramahnya ustadz KH Ali Nurhan menyampaikan bahwa puasa bukan hanya ibadah secara vertikal/hablumminallah, tapi juga bersifat horisontal/hablumminannas. Ramadhan merupakan momentum untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.