Kanwil DJP Jawa Timur III dan Tax Center FIA UB Gelar Office Tour

Memberikan pemahaman kepada generasi muda mengenai peran dan manfaat pajak bagi pembangunan sangatlah penting. Selaras dengan hal tersebut, Tax Center Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan Office Tour ke dua Kantor Pelayanan Pajak di wilayah Malang Raya, yaitu KPP Pratama Batu dan KPP Pratama Malang Utara pada Senin, 8 Juni 2015.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 180 orang yang merupakan mahasiswa jurusan S-I Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya Malang yang terbagi dalam 2 (dua) kelompok dengan pembagian 88 peserta di KPP Pratama Batu dan 92 orang lainnya di KPP Pratama Malang Utara.

Selain itu, hadir pada kegiatan ini, Ketua Tax Center FIA Universitas Brawijaya, Priandhita Sukowidyanti Asmoro, beserta beberapa dosen lainnya.

Pukul 09.00 tepat, Office Tour di KPP Pratama Batu dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPP Pratama Batu, Lidia Kuntjahjaningtyas yang  dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai peran pajak bagi pembangunan nasional oleh Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Ahmad Fadillah.

Pada pelaksanaan tour atau berkeliling kantor, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok disertai satu orang pegawai  KPP Pratama Batu sebagai tour guide nya. Banyak pertanyaan yang diajukan peserta selama kunjungan berlangsung seperti tugas dan fungsi pokok masing-masing seksi, tentang pemeriksaan, penagihan pajak hingga proses penyitaan dan proses pelayanan di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT).

Untuk lebih menghidupkan suasana, sesaat setelah office tour dilaksanakan, peserta kembali berkumpul di aula untuk mengikuti kuis pajak yang berhadiah souvenir dari Kanwil DJP Jatim III. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan berharap dapat dilaksanakan kembali di tahun-tahun berikutnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di KPP Pratama Malang Utara. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala KPP Pratama Malang Utara, Ashari yang menyampaikan penghargaannya atas kunjungan mahasiswa FIA UB ke KPP Pratama Malang Utara.

Selain untuk meningkatkan tali silahturahmi, kegiatan ini juga bermanfaat sebagai media sosialisasi perpajakan yang efektif kepada para generasi muda. Sama halnya dengan kegiatan di KPP Pratama Batu, rangkaian acara selanjutnya adalah pemaparan materi perpajakan yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Hendro Sulistyo Utomo dan dilanjutkan dengan office tour.

Kegiatan di KPP Pratama Malang Utara kemudian ditutup dengan pembagian souvenir untuk peserta yang aktif dan ramah tamah.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.