KP2KP Tidore Sosialisasikan Aspek Perpajakan Dana Desa di Halmahera Tengah

Tahun 2015 ini pemerintah desa diseluruh Indonesia mendapatkan suntikan dana yang lumayan besar. Dana tersebut bersumber dari ADD (Alokasi Dana Desa dan DD (Dana Desa). Dengan dana yang besar tersebut tentunya ada kewajiban perpajakan yang melekat didalam pengoperasiannya.

Oleh sebab itu Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tidore bekerja sama dengan BPMPD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Halmahera Tengah menyelenggarakan Sosialisasi Perpajakan kepada bendahara-bendahara desa yang berada di wilayah Kabupaten Halteng. Sosialisasi dibagi menjadi 3 gelombang.

Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2015 untuk desa yang berada di Kecamatan Patani Utara, Patani Timur dan Pulau Gebe. Gelombang kedua dilaksanakan tanggal 12 Mei 2015 untuk desa yang berada di Kecamatan Patani, Patani Barat dan Weda. Dan Gelombang ketiga dilaksanakan tanggal 13 Mei 2015 untuk desa yang berada di Kecamatan Weda Utara, Weda Tengah dan Weda Selatan.

Karena masyarakat desa di daerah ini masih sangat awam mengenai Pajak maka sosialisasi kali ini kami fokuskan untuk menjelaskan mengenai kewajiban perpajakan bendahara desa terkait transaksi yang dikenai PPh Pasal 21, Pasal 22, Pasal 23 dan PPN. Yang Kendala di daerah ini adalah jauhnya letak Bank Presepsi dari Desa mereka masing-masing. Oleh karena itu kami menyarankan kepada pihak Kecamatan untuk bisa membantu dan mengkoordinirnya masalah pembayaran pajak ini.

Diharapkan setelah acara ini semua perangkat pemerintahan terutama di pedesaan dapat mengetahui kewajiban perpajakannya. Mengingat bendahara desa masih banyak yang baru mengetahui masalah perpajakan ini kami juga menyarankan agar dilakukan pengawasan lebih intensif terhadap pengelolaan Dana Desa, terutama pemungutan dan pemotongan pajak.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.