KPK Ajukan PK Praperadilan Hadi Poernomo

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi mengajukan Peninjauan Kembali (PK) terkait putusan praperadilan mantan Direktur Jenderal Pajak, Hadi Poernomo. Pengajuan upaya hukum luar biasa ini dilakukan setelah banding yang diajukan KPK atas putusan hakim tunggal Haswandi tersebut ditolak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengatakan, kuasa hukum KPK yang diwakili Biro Hukum telah mendaftarkan sekaligus menyerahkan memori PK pada Selasa (28/7). Memori PK itu sudah disampaikan kepada Panitera PN Jaksel.

"Kuasa hukum KPK yang diwakili Biro Hukum mendaftarkan sekaligus menyerahkan memori PK terkait putusan praperadilan PN Jakarta Selatan atas gugatan praperadilan tersangka HP," kata Priharsa, kepada wartawan, Kamis (30/7).

Diberitakan, PN Jaksel melalui hakim tunggal Haswandi mengabulkan sebagian permohonan praperadilan Hadi Poernomo terhadap KPK yang menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait keberatan pajak Bank BCA. Dalam putusannya, Haswandi menyatakan penyelidikan dan penyidikan kasus ini tidak sah dan batal demi hukum karena tim penyelidik dan penyidik tidak berasal dari kepolisian atau kejaksaan.

Untuk itu, Haswandi memerintahkan KPK untuk menghentikan penyidikan kasus Hadi Poernomo.

KPK menilai, putusan Haswandi telah melampaui yang dimohonkan oleh pemohon (Ultra Petita). Hal itu lantaran KPK tidak memiliki kewenangan untuk menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan seperti yang diperintahkan hakim tunggal Haswandi.

Selain itu, putusan PN Jaksel yang menyatakan penyelidik dan penyidik kasus tersebut adalah tidak sah telah menimbulkan ketidakpastian hukum karena putusan itu berbeda dengan putusan Hakim tunggal Riyadi Sunindyo dalam sidang praperadilan tersangka kasus Innospec, Suroso Atmo Martoyo di PN Jaksel sebelumnya.

Suara Pembaruan

Fana Suparman/YUD

Suara Pembaruan

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.