KPP Pratama Balige Cairkan Tunggakan Pajak Rp 1,65 M

PT. AAI akhirnya melunasi tunggakan pajak sebesar Rp. 1,65 miliar setelah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Balige berencana melaksanakan lelang atas aset sitaan. PT. AAI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industry pengalengan nenas. Namun saat ini sudah tidak beroperasi lagi.

Sebelumnya KPP Pratama Balige telah melakukan upaya-upaya tindakan penagihan pajak sampai dengan tindakan penyitaan aset berupa tanah seluas -/+ 12 Hektar dan bangunan pabrik di atasnya, namun Penanggung Pajak/WP belum juga melunasi utang pajaknya.

Juru Sita Pajak yaitu Agus Maihot Naibaho dan Valen Parningotan Silalahi beserta Kepala Seksi Penagihan, Soemarjono, di bawah bimbingan Marthin Hutabarat selaku Kepala Kantor, mengambil langkah untuk melaksanakan pelelangan atas aset sitaan tersebut.  

Sebelumnya KPP Pratama Balige telah meminta bantuan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara II untuk melakukan penaksiran nilai aset sitaan Wajib Pajak sebagai dasar penetapan harga limit dan diperoleh angka sebesar Rp 15.923.799.000,-.

Selanjutnya Juru Sita menerbitkan Surat Kesempatan Terakhir dengan batas waktu tanggal 10 Juni 2015. Wajib Pajak yang diwakili oleh Sdr. TS datang ke KPP Pratama Balige untuk memohon penundaan lelang sampai Desember 2015.

Wajib Pajak melakukan pembayaran Rp. 11.301.617 pada 09/10/2015 dan Rp. 12.776.408 pada 19/06/2015. Sampai batas surat kesempatan terakhir Wajib Pajak belum melunasi sisa tunggakan pajak. Setelah melengkapi seluruh berkas yang diperlukan, Juru Sita Pajak berkoordinasi dengan KPKLN Padang Sidempuan dan akhirnya diperoleh penetapan jadwal pelaksanaan lelang tanggal 14 Juli 2015.

KPP Pratama Balige memberitahukan secara tertulis kepada seluruh pengurus/penanggung pajak PT. AAI bahwa aset mereka yang telah disita akan dilakukan pelelangan pada tanggal 14 Juli 2015. Setelah melakukan komunikasi yang intens dengan Wajib Pajak dan melaksanakan pengumuman I serta pengumuman II lelang eksekusi pajak, akhirnya pada tanggal 30 Juni 2015 dan 3 Juli 2015, PT. AAI melunasi sisa tunggakan pajaknya sebesar Rp 1.632.526.204,-

KPP Pratama Balige sangat bersyukur atas pencairan tunggakan tersebut mengingat besarnya target penerimaan pajak yang harus dicapai secara Nasional dan secara khusus KPP Pratama Balige. Penegakan Hukum salah satunya melalui tindakan penagihan diharapkan dapat dilakukan dengan maksimal untuk mengamankan target penerimaan pajak.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.