KPP Pratama Rantau Prapat Sosialisasikan Mudahnya Bayar Pajak dengan MPN G-2

Sosialisasi MPN G-2

Sistem baru bertajuk Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua atau disingkat MPN G-2 (baca: MPN Ji-tu) yang dulu sekedar wacana kini sedang dilaksanakan. Payung hukumnya pun sudah diterbitkan yaitu Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor: 32/PMK.05/2014 tanggal 10 Februari 2014 tentang Sistem Penerimaan Negara secara Elektronik.

MPN G-2 adalah sistem elektronik yang terintegrasi untuk pengelolaan penerimaan negara yang bertujuan memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak agar semua setoran dapat diaplikasikan dengan praktis, melalui internet banking, mobile banking, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ataupun mesin Electronic Data Capture (EDC) maupun setor melalui teller bank. MPN G-2 mirip seperti transaksi online semisal pembelian tiket pesawat.

Dengan MPN G-2, penyetoran penerimaan negara oleh Wajib Pajak tak lagi terhalang oleh jam loket layanan penerimaan negara. Kapan pun dapat dilakukan dan tentunya bebas antri. Buka website, registrasi, dapat kode bayar, bayar di ATM dan tiket akan terkirim ke surel Wajib Pajak.

Sistem baru, dan tentunya perlu sosialisasi untuk memperkenalkan sistem ini kepada masyarakat luas agar tidak menjadi alien. Berlatar belakang hal tersebut, tanggal 25 Juni 2015 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Rantau Prapat mengadakan sebuah kegiatan sosialisasi.

Sebuah acara sosialisasi aktif kepada para Wajib Pajak di wilayah kerja Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, yang diadakan di aula KPP Pratama Rantau Prapat, yang terletak di jalan Sisingamangaraja no.47, Ujung Bandar, Rantau Prapat. Salah satu hal yang ingin dicapai dalam kesempatan kali itu, jelas, edukasi kepada seluruh Wajib Pajak KPP Pratama Rantau Prapat, khususnya penyosialisasian MPN G-2.

Acara sosialisasi dibuka pada pukul 9.30, dengan dihadiri oleh Kepala KPP Pratama Rantau Prapat, Kasi Ekstensifikasi dan Penyuluhan dan Kasi Waskon I KPP Pratama Rantau Prapat, para Account Representative (AR) serta Wajib Pajak selaku peserta yang mencapai 100 orang yang meliputi pihak Bank, Kantor Pos, PTPN, Bendaharawan, Kantor Lurah/Desa serta perangkat Dinas lainnya.

Selain menjadi sarana sosialisasi, penyuluhan tersebut juga menjadi sarana silahturahmi antara petugas pajak dengan Wajib Pajak. Mengawali acara sosialisasi, kegiatan tersebut dibuka oleh Hairuz Zuhri selaku Master of Ceremony (MC), lalu doa yang dibawakan oleh Hajarul Asnan, pelaksana seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan.

Tak lupa juga, untuk meningkatkan nasionalisme dan kecintaan terhadap Negeri, MC mengajak seluruh hadirin untuk bangkit berdiri, dan mengumandangkan lagu Bagimu Negeri yang dipimpin oleh Natasa Fransiska Elisabeth Siahaan, Pegawai Magang KPP Pratama Rantau Prapat.

Selanjutnya kata sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi oleh Kepala KPP Pratama Rantau Prapat. Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi sosialisasi MPN G-2 yang disampaikan oleh Rezdiana, AR seksi Waskon I KPP Pratama Rantau Prapat. Diawali dengan pemutaran video mengenai MPN G-2, dilanjutkan dengam penyampaian materi.

Setelah sesi presentasi oleh Rezdiana, MC mengambil alih acara dan mempersilahkan para peserta untuk sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab, para peserta sangat antusias untuk bertanya perihal materi MPN G-2 ini.

Setelah sesi tanya jawab selesai, mewakili KPP Pratama Rantau Prapat, Pinondang Siahaan, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Rantau Prapat, secara resmi menutup acara Sosialisasi MPN G-2.

Tags: 


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.