Kuartal II, Laba Bersih UBS Group Naik 53 Persen

Jakarta - UBS berhasil mendapatkan laba disesuaikan sebelum pajak sebesar (Swiss French) CHF 1,635 juta di kuartal kedua, menujukkan posisinya yang semakin kuat meski adanya ketidakpastian pasar dan ekonomi yang semakin berlanjut, hal ini menunjukkan kuatnya pendapatan fundamental dan model bisnisnya. Laba bersih yang menjadi hak pemegang saham UBS Group AG adalah sebesar CHF 1,209 juta, naik 53% jika dibandingkan dengan kuartal kedua pada 2014, dengan laba per saham terdilusi sebesar CHF 0,32.

"Saya senang dengan hasil di kuartal tersebut. Kami tetap menjaga momentum kami meskipun tantangan pasar yang sedang berlangsung, dan membangun UBS AG Swiss merupakan fokus utama kami dalam meningkatkan kemampuan kami untuk memecahkan permasalahan. Kami tetap berfokus dalam membangun keunggulan yang menggerakkan kami di awal dengan strategi yang jelas, sembari juga meningkatkan efektifitas dan efisiensi, serta investasi untuk pertumbuhan yang menguntungkan," kata Sergio P. Ermotti, Group Chief Executive Officer UBS dalam keterangan tertulis, Selasa (28/7).

Beberapa divisi bisnis yang mendapat sorotan: Wealth management. Divisi ini memberikan hasil kuartal kedua yang memuaskan sejak 2009, dengan laba disesuaikan sebelum pajak sebesar CHF 769 juta dan penguatan uang baru yang bersih (Net New Money / NNM) sebesar CHF 8,4 juta, dengan pengecualian efek dari neraca keuangan dan program optimalisasi modal. Seperti laporan yang telah dilansir, Net New Money(NNM) sebesar CHF 1,8 miliar.

Wealth Management Americas mencatat laba disesuaikan sebelum pajak sebesar US$ 231 juta, dengan pendapatan operasional dan produktivitas penasihat keuangan yang menduduki tingkat rekor.

Retail & Corporate mencetak kuartal kedua terbaik semenjak tahun 2010, dengan laba sebelum pajak disesuaikan sebesar CHF 414 juta, menunjukkan pertumbuhan volume bersih bisnis baru yang kuat untuk nasabah ritel.

Global Asset Management mencatat laba disesuaikan sebelum pajak sebesar CHF 134 juta dan NNM yang kuat sebesar CHF 8,3 juta, tidak termasuk arus pasar uang.

Investment Bank melaporkan laba disesuaikan sebelum pajak sebesar CHF 617 juta dengan hasil kuartal kedua terbaik dalam Ekuitas sejak 2012. Divisi Investment Bank mendapatkan Return on Attributed Equity (imbal atas ekuitas) yang disesuaikan sebesar 33.8% tanpa meningkatkan risiko.

"Secara keseluruhan di kuartal kedua ini UBS kembali menunjukkan ketahanan dan diversifikasi pendapatannya. Kekuatan model bisnis UBS didapatkan dari manfaat strateginya yang telah dilakukan dengan baik dan disiplin," tambahnya.

UBS Group melaporkan laba bersih yang menjadi hak pemegang saham sebesar CHF 1,209 juta, naik 53% dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2014, dengan laba per saham dilusian (diluted earnings per share / diluted EPS) CHF 0,32. Laba grup yang disesuaikan sebelum pajak sebesar CHF 1.635 juta dengan kontribusi yang positif dari semua divisi seluruh wilayah. Imbal hasil tahunan yang telah disesuaikan atas ekuitas nyata di semester pertama tahun 2015 sebesar 12,0%, di atas target 2015 sekitar 10%.

Bank UBS telah memperkuat posisi modalnya dengan menerapkan sepenuhnya rasio modal Basel III CET1 (Common Equity Tier 1) sebesar 14,4% pada akhir Juni, di atas target minimal sebesar 13,0% terhadap semua bank global besar lainnya. Penerapan sepenuhnya atas rasio Swiss SRB leverage naik menjadi 4,7% pada kuartal kedua, sebagaimana rasio denominator Swiss SRB leverage (LRD yang diterapkan sepenuhnya) menurun sebesar CHF 33 miliar yang sebagian mencerminkan pengurangan substansial dalam Non-core dan aset Portofolio Warisan (Legacy Portfolio). Semenjak kuartal ketiga tahun 2012, UBS telah mengurangi Non-core dan LRD Legacy Portofolio dari CHF 293 miliar menjadi CHF 70 miliar.

Yosi Winosa/PCN

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.