Lakukan Gijzeling Terhadap Penunggak Pajak, Kanwil DJP Jawa Tengah II Terapkan Standar Tinggi

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II dan KPP Pratama Purwokerto pada hari ini, 29 Juli 2015, melakukan eksekusi penyanderaan (gijzeling) wajib pajak selaku penanggung pajak dengan inisial DW yang berdomisili di Purwokerto.

DW tercatat mempunyai tunggakan utang pajak sebesar Rp3.909.846.655. Penyanderaan dilakukan karena DW dinilai mempunyai kemampuan untuk melunasi utang pajak, namun tidak mempunyai iktikad baik untuk melunasi utang pajaknya.

Penyanderaan DW sudah memenuhi ketentuan dalam Undang-undang No. 19 Tahun 1997 sebagaimana telah diubah dengan Udang-undang No. 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. Ketentuan tersebut mengatur, antara lain, penyanderaaan hanya dapat dilakukan terhadap penanggung pajak yang mempunyai utang pajak sekurang-kurangnya Rp100.000.000 dan diragukan iktikad baiknya dalam melunasi utang pajak.

Meski melakukan penyanderaan terhadap DW, Kanwil DJP Jawa Tengah II tetap memenuhi hak-hak asasi DW diantaranya dengan melakukan pendampingan guna menjaga emosi yang bersangkutan, pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Margono Soekarjo, serta menjalin komunikasi dengan keluarga DW.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.