Libur Lebaran, Bea Cukai Tanjung Priok Tetap Berikan Layanan

JAKARTA, indopos.co.id – Menjelang libur nasional/cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1436 H, tren yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok, yakni penurunan kegiatan clearence barang impor. Serta penurunan mobilitas delivery petikemas keluar pelabuhan. Hal itu disebabkan, adanya pembatasan lalu lintas truk. Namun disisi lain kegiatan bongkar dari kapal tetap berjalan normal. Yang ditunjukan dengan adanya kenaikan impor pada setiap TPS.

Untuk menjaga kelancaran arus barang, menjelang dan sesudah libur nasional dan cuti Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, telah menyiapkan sejumlah langkah.

"Terkait menghadapi libur bersama, kami telah menyiapkan beberapa langkah. Pertama, selama libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1436 H, tetap memberikan pelayanan 24/7. Serta tetap menyiapkan SDM yang diperlukan untuk pelayanan 24/7 tersebut," ujar Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok Fadjar Donny, Selasa (14/7).

Yang kedua kata Donny, perijinan Pindah Lokasi Penimbunan (PLP), yang dapat dilayani dengan batasan YOR 40 persen. Dengan jangka waktu tujuhg hari, sebelum hingga sesudah Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

"Adapun yang ketiga pengawasan arus barang tetap dilakukan 24/7. Diantaranya dengan mengoptimalkan pengawasan di lapangan. Yakni melalui pengawasan, patroli rutin selama libur nasional dan cuti lebaran. Dan dibentuk posko bersama terpadu Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2)," beber Donny.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain itu pihaknya juga mengoptimalkan peran dan fungsi dari bidang kepatuhan internal. Mereka akan terus melakukan monitoring dan evaluasi 24 jam. Terkait kepatuhan pelaksanaan tugas dan pengawasan.

"Kami harap dengan adanya langkah-langkah tersebut, kelancaran arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok dan mengakomodasi kebutuhan pengguna jasa. Sehingga tidak stagnasi. Tentunya dengan tidak mengesampingkan fungsi pengawasan, untuk menghindari upaya penyelundupan yang merugikan keuangan negara," pungkasnya. (dai)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.