Menteri PANRB Apresiasi Upaya BC Pangkas Dwelling Time di Tanjung Priok

indopos.co.id – Upaya mengatasi masalah dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok terus dilakukan, salah satunya oleh direktorat jenderal (Ditjen) Bea Cukai yang sudah menyiapkan sejumlah langkah. Targetnya, dwelling time bisa sama dengan di Port Klang, Malaysia yakni 2 hari, di Thailand 2-3 hari sedangkan di Singapura hanya 1 hari.

Salah satu langkah itu terlihat dari perbaikan penggantian fasilitas computer yang ada di Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Tanjung Priok.

"Saya datang ke sini waktu hari pertama bulan puasa. Dulu komputernya jadul kaya zaman tahun 80-an, lalu saya minta diganti agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan sekarang sudah diganti dengan yang lebih bagus. Ini baru yang namanya responsif," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi saat melakukan silaturahmi mendadak (Sildak) di kantor Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (23/7).

Yuddy mengatakan, kunjungannya kali ini untuk meyakinkan masyarakat bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) pelayanan publik tidak mengenal hari libur. Seperti halnya di Pelabuhan Tanjung Priok ini yang dituntut untuk terus beroperasi 24 jam untuk pelayanan ekspor impor, bongkar muat kapal dan sebagainya.

Kalau masyarakat masih beranggapan bahwa setelah libur lebaran dengan banyak ASN yang bolos, ternyata ada stigma negatif itu tidak terbukti. Sejak awal, ujar Yuddy, Presiden Joko Widodo sudah mencanangkan revolusi mental aparatur sipil untuk mengubah mindset ASN dari yang sebelumnya tidak disiplin menjadi displin, dari yang bersikap seperti priyayi menjadi melayani, dari yang tidak reponsif menjadi responsif.

"Revolusi mental ini sudah mulai menampakkan hasilnya dalam waktu 8 bulan," imbuh Yuddy.

Yuddy juga mengungkapkan, pada hari pertama masuk kerja pasca libur Idul Fitri 1436 H, Rabu (22/7), dirinya sudah meninjau pelayanan publik di 10 instansi pemerintahan. Ternyata, semuanya sudah memberikan pelayanan dengan baik. Demikian juga halnya di Pelabuhan Tanjung Priok ini, kesiapan operasionalnya sudah 80 persen meskipun setelah libur hari raya.

Pages: 1 2

Iklan Bawah 336×280

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.