Para Dokter di Inggris Desak Kenaikan Pajak Minuman Ringan untuk Naikkan Konsumsi Buah dan Sayur

Sejak tahun 2013 lalu pajak minuman soda di Inggris terbukti efektif kurangi angka obesitas. Menurut British Medical Association (BMA) pemungutan pajak minuman bersoda dapat mengurangi tingkat obesitas di Inggris sekitar 180.000 orang.

Namun tahun ini, seperti dilansir dari independent.co.uk (13/07) ketua BMA di Inggris mendesak pemerintah Inggris agar minuman soda dikenakan pajak gula sebesar 20 pence atau Rp. 4141. Hal ini dimaksudkan guna mensukseskan tujuan jangka panjang untuk mengurangi risiko penyakit obesitas yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi minuman ringan.

Dana yang terkumpul dari pajak bisa digunakan untuk mensubsidi buah dan sayuran yang lebih murah untuk keluarga miskin.

Food For Thought mengumumkan bahwa pola makan yang buruk mengeluarkan biaya NHS sekitar £6 milyar per tahun. Berarti memiliki dampak yang lebih besar pada anggaran pemerintah dibandingkan dengan konsumsi alkohol, merokok atau aktivitas fisik.

Sebuah studi akademik menemukan harga makanan yang paling sehat mencapai dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan makanan sehat pada umumnya. Sementara harga makanan yang tidak sehat terbukti selalu menurun dari waktu ke waktu. Kesenjangan harga ini semakin meluas.

Laporan BMA menunjukkan bahwa memberlakukan pajak minimum 20 pence pada semua minuman non-alkohol dengan gula tambahan. Termasuk minuman manis, minuman energi, minuman buah, minuman olahraga dan konsentrat jus buah bisa membantu mengurangi harga buah dan sayur-sayuran.

"Kita tahu bahwa mayoritas penduduk Inggris, rumah tangganya berpenghasilan sangat rendah yang membuat mereka tidak mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup, sehingga langkah-langkah keuangan juga harus diperhatikan untuk mensubsidi harga yang sesuai dengan penghasilan mereka, yang mana telah naik sebesar 30 persen sejak 2008," demikian penjelasan BMA.Next

(odi/odi)

Halaman12

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.