Penerimaan Pajak Melambat, Ketua ISEI: Tidak Sejalan dengan Kebijakan Fiskal

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Darmin Nasution mengungkapkan kenaikan target pajak sebanyak 39 persen di tengah melambatnya perekonomian Indonesia sekarang ini membuat permasalahan tersendiri. Persoalan itu dikarenakan tidak sejalan dengan kebijakan fiskal.

"Target pajak naik 39 persen. Namun, ekonomi melambat. Ini tidak sejalan dengan kebijakan fiskal. Dalam kondisi ekonomi melambat, aktivitas belanja itu agak terganggu," kata Darmin, dalam keynote speech-nya, di acara Dialog ISEI bertajuk "Presiden Menjawab Tantangan Ekonomi", di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Darmin menjelaskan, pendapatan negara dari penerimaan pajak pada semester I-2015 tidak mampu memenuhi target yang telah ditentukan. Pada sisi lain, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) datang dengan inisiatif baru guna mengoptimalkan penerimaan pajak, yang kemudian disayangkan inisiatif itu sering berubah-ubah.

"Tiba-tiba berubah. Terkesan kurang matang persiapannya. Ini terjadi karena target yang hendak dicapai kurang. Kalau mau dicapai pekerjaanya sangat berat. Kemudian kurang persiapannya itu bagi dunia usaha kelihatannya membuat nervous," tegas Darmin, yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu itu.

Untungnya, lanjut Darmin, pemerintah telah mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang memicu terbukanya ruang belanja fiskal. Hal ini menjadi penting agar sejumlah dana dari subsidi BBM bisa dialokasikan kepada sektor yang lebih produktif, utamanya untuk memperkuat laju pertumbuhan ekonomi.

Namun demikian, Darmin tak menampik ada persoalan tersendiri dari pengurangan subsidi BBM itu. Pasalnya, pengurangan harga minyak dunia memberi dampak kepada pendapatan minyak dan gas (migas) Indonesia. Karenanya, perlu ada langkah untuk memperkuat agar perlambatan ekonomi bisa segera terhenti.

"Pencairan dana pemerintah melambat. Semoga di semester II-2015 bisa menolong. Dengan demikian, kemudian kekuatannya untuk melawan tendensi perlambatan ekonomi itu sendiri," pungkas Darmin.

ABD

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.