Pengusaha Kena Pajak Jawa-Bali Bersertifikat Capai 101,2 Ribu

Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mencatatkan, saat ini ada sekitar 215,5 ribu Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang harus berakun e-faktur, baru terdapat 101,2 ribu PKP yang sudah mempunyai sertiifikat terbit. Padahal 1 Juli, e-faktur telah resmi diterapkan di Jawa dan Bali.

DJP pun masih memberikan kesempatan kepada PKP untuk segera mendaftar e-faktur. Apabila PKP masih menggunakan faktur pajak manual akan dianggap tidak sah.

"Faktur yang dibuat, misalnya untuk tanggal hari ini, kan bisa dibuat terakhir bulan depan. Jadi mereka masih bisa punya waktu. Faktur itu enggak harus dibuat ketika transaksi, tapi ada waktu misalnya sebulan setelah itu. Jadi kesempatan untuk daftar itu ada," jelas Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito di Jakarta, Rabu (1/7) malam.

DJP mengimbau agar semua PKP Jawa-Bali menggunakan e-faktur karena sangat bermanfaat menghemat biaya kertas, cetak, dan penyimpanan. Selain itu memberi kenyamanan, kemudahan, dan keamanan dalam melaksanakan kewajiban perpajakan khususnya pembuatan Faktur Pajak.

Aplikasi e-faktur pajak pun satu kesatuan dengan aplikasi e-SPT sehingga lebih memudahkan pelaporan SPT Masa PPN. Permintaan nomor seri Faktur Pajak disediakan secara online via website DJP, sehingga tidak perlu lagi datang ke Kantor Pelayanan Pajak.

"e-faktur ini lumayan, banyak yang ngemplang itu ketahuan, seperti yang ditangkap di Tebet kemarin," ujar Sigit.

Direktur Pelayanan Penyuluhan dan Humas DJP Mekar Satria Utama mengatakan, PKP yang telah diwajibkan membuat e-faktur namun tidak membuat e-faktur atau membuat e-faktur tapi tidak mengikuti tata cara yang ditentukan dianggap tidak membuat faktur pajak. Jadi, PKP akan dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar 2% dari dasar pengenaan pajak.

Investor Daily

Margye J Waisapy/HS

Investor Daily

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.