Penyelundupan 4 Kontainer Kulit Hiu Berhasil Digagalkan

Indopos.co.id- UPAYA penyelundupan hasil perikanan ke luar negri, terus dilakukan oknum tak bertanggungjawab. Yang terbaru, Bea Cukai Tanjung Priok, berhasil menggagalkan 19 kontainer hasil perikanan, tanpa disertai dokumen yang sah. Dari 19 kontainer yang disita, 4 kontainer berisi kulit ikan hiu ukuran 40 feet. Kemudian frozen tuna loin, dry fish, frozen spanish mackerel, frozen shrimp dan sebagainya.

Nilai hasil perikanan tersebut ditaksir mencapai Rp 9,6 Miliar lebih. Adapun barang selundupan tersebut, rencananya akan dikirim ke Vietnam, Singapura, Sri Langka, Amerika Serikat, Malaysia dan Tiongkok. Sebelumnya, pada bulan Juni lalu, Bea Cukai Tanjung Priok juga berhasil menggagalkan ekspor 14 kontainer hasil perikanan tanpa dokumen yang sah.

"Pencegahan upaya penyelundupan hasil perikanan merupakan upaya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, membantu mengurangi ilegal fishing," ujar Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro, saat merilis hasil cegahan tersebut di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (13/7).

Adapun hasil perikanan yang ingin di ekspor secara ilegal tersebut, berasal dari Belitung, DKI, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Adapun barang hasil tegahan kemudian diserahkan ke Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan.

"Modus operandi yang digunakan, eksportir tidak punya sertifikat HACCP sebagai syarat ekspor hasil perikanan. Dan tidak teregristrasi pada Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikan. Juga tidak punya sertifikat kesehatan. Kalau ekspor tidak dicegah, padahal belum ada keterangan aman untuk dikonsumsi. Maka yang jelek nama Indonesia. Itu ikan dari Indonesia. Jadi kualitas perlu dijaga," ujar Bambang. Untuk diketahui, terdapat MoU antara pemerintah Indonesia dengan beberapa negara mitra. Terkait ekspor hasil perikanan.

Pages: 1 23

Iklan Bawah 336×280

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.