Resmi Jadi Bos Bea Cukai, Ini Janji Heru Pambudi

Metrotvnews.com, Jakarta: Heru Pambudi resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal Bea Cukai menggantikan Agung Kuswandono yang dimigrasi menjadi salah satu deputi di Kemenko Maritim. Apa gebrakan Heru ke depannya?

Heru mengatakan, institusinya memiliki tiga peranan besar. Pertama, bagaimana Ditjen Bea Cukai memperlancar perdagangan dan memfasilitasi industri. Kedua, bagaimana Ditjen Bea Cukai melindungi masyarakat dan melindungi pengusaha. Ketiga, bagaimana peranan Ditjen Bea Cukai dalam memperkuat penerimaan.

"Pak Menkeu tadi sudah mengarahkan ketiga itu. Saya akan mulai dengan memperkuat nilai-nilai fundamental Kementerian Keuangan (Kemenkeu) karena ini penting. Nanti saya menjalankan beberapa strategi terkait dengan nilai-nilai sinergi," kata Heru, usai pelantikan, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (1/7/2015).

Langkah pertama yang akan dia lakukan yakni konsolidasi internal dan eksternal. Internal di Bea Cukai dan Kemenkeu, terutama dengan Ditjen Pajak. Kemudian eksternal dengan kementerian dan lembaga seperti Polri, TNI, Kejaksaan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian.

Langkah selanjutnya adalah pelayanan. Pihaknya akan mendengarkan semua masukan dan keluhan yang disampaikan oleh partner kerja Ditjen Bea Cukai, serta melakukan integritas good governance dan inovasi. "Jadi, ini adalah nilai-nilai Kementerian Keuangan yang pertama kali saya akan buatkan strateginya," jelasnya.

Sementara itu, dalam pengawasan termasuk untuk narkotika, dirinya menjanjikan akan menerapkan risk management sekuat tenaga dengan memperkuat profiling dan pemetaan titik-titik rawan "Daerah-daerah rawan di pesisir Sumatera bagian Timur kita akan kuatkan dan patroli. Barang keluar dari Batam juga akan kita perkuat pengawasannya," janjinya.

Namun, dari semua itu yang terpenting, lanjut Heru yakni penerimaan yang memang menjadi prioritas bea cukai. "Kita akan fokus pada penelitian dokumen harga dan tarif bea keluar dan bea masuk. Untuk ilegal kita akan lakukan dengan cara patroli. kemudian untuk cukai adalah penindakan cukai ilegal. Ini sudah ada survey dari UGM dan kita akan langsung terapkan dan pakai untuk barang-barang ilegal," pungkas dia.
ABD

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.