Rumah Pajak untuk Anak milik KPP Pratama Demak Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Rumah Pajak untuk Anak, salah satu inovasi dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Demak, masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) di tingkat kementerian/lembaga/pemerintah provinsi/pemerintah daerah/pemerintah kota.

Tujuan kompetisi inovasi pelayanan publik ini adalah untuk melakukan evaluasi, sejauh mana upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di tanah air. Penghargaan Apresiasi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2015 diterima Kepala KPP Pratama Demak, Dwi Joko Kristanto, pada Jumat, 15 Mei 2015, bertempat di Ruang Graha Wicaksana Praja, Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Rumah Pajak untuk Anak disediakan KPP Pratama Demak untuk memberikan kenyamanan kepada Wajib Pajak karena karakteristik Wajib Pajak yang melaporkan SPT di KPP Pratama Demak sebagian besar adalah ibu-ibu yang membawa anak.

Fungsi Rumah Pajak untuk Anak adalah untuk ruang bermain anak dan pengenalan dini tentang pajak. Program inovasi ini sekaligus memberikan edukasi perpajakan kepada anak usia dini dan memberikan citra yang ramah dan menyenangkan tentang KPP.

Program inovasi Rumah Pajak untuk Anak telah memenuhi aspek-aspek perubahan dalam pilar-pilar reformasi birokrasi, yakni aspek Penataan Organisasi. Rumah Pajak untuk Anak memberikan citra kepada masyarakat bahwa KPP memberikan pelayanan dengan ramah dan mengayomi demi kelangsungan masa depan bangsa.

Dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan Wajib Pajak, membuat mereka merasa dihargai dan secara otomatis mereka pun akan menghargai para pegawai pajak ketika mengunjungi KPP. Dari sini akan muncul kesadaran bahwa Wajib Pajak merupakan “mitra” yang dengan sukarela melaporkan kewajiban perpajakannya tanpa ada unsur keterpaksaan. Perhatian dari hal-hal yang kecil akan menciptakan kepercayaan masyarakat pada umumnya untuk sadar akan arti pentingnya pajak.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.